KPK Berburu Calon Politikus di Kepulauan Riau (1)

Buka Kelas Khusus di Batam, KPK Cari Calon Aktor Politikus Berintegritas

Buka Kelas Khusus di Batam, KPK Cari Calon Aktor Politikus Berintegritas

Suasana diskusi Tim Politik Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK bersama sejumlah jurnalis di Kepri mengenai Politik Cerdas Berintegritas di Sekretariat AJI Batam di Sei Panas, Batam, Senin (15/8/2016). (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Yayasan Satunama Yogyakarta bakal membuka kelas khusus Politik Cerdas Berintegritas di Kepulauan Riau pada September 2016 mendatang.

Ketua Tim Politik di Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK, Guntur Kusmeiyano, mengatakan, secara moral KPK ingin membentuk sistem perpolitikan di Indonesia yang beradab dan memiliki wajah baru.

Kata Guntur, target peserta akan dimulai dari siswa dan mahasiswa yang terutama aktif dalam organisasi di sekolah seperti ketua-ketua OSIS atau Ketua BEM, atau ketua-ketua di organisasi di tingkat fakultas.

"Melalui pendekatan perbaikan ‘aktor’ ini, diharapkan bisa melahirkan aktor-aktor politik yang memiliki dasar-dasar politik yang cerdas dan berintegritas, pesertanya tak harus yang berkeinginan jadi politikus tapi juga di bidang lainnya, seperti negarawan dan lain-lain," ujar Guntur saat berdiskusi dengan sejumlah jurnalis Kepulauan Riau di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen Kota Batam (Kepri) di Sei Panas, Batam, Senin (15/8/2016).

Guntur menambahkan, persiapan rangkaian kegiatan ‘Program Kelas Politik Cerdas Berintegritas’ sudah cukup matang. 

 

Baca juga:

Ini Jadwal dan Cara Mendaftar Kelas Khusus Politik Berintegritas KPK di Kepulauan Riau

 

Pembicaraan dan rangkaian persiapan telah dilaksanakan sejak awal tahun 2016 lalu. 

Diawali dengan pelaksanaan indepth assessment tentang kondisi sosial politik dan pemetaan isu-isu krusial lokal di 9 daerah.

"Hasil indepth assessment nanti digunakan sebagai dasar penyusunan modul pembelajaran yang akan disampaikan," ujar Guntur.

Guntur mengatakan, kegiatan 'Kelas Politik Cerdas Berintegritas' ini akan dijadwalkan selama jangka waktu 5 hari. Nara sumbernya dari tokoh-tokoh nasional.

Kelas tersebut akan dibuka mulai 26 September hingga 30 September 2016 mendatang.

“Ada juga dari mantan pimpinan KPK seperti Pak Busyro (Muqodas) Bambang Widjojanto, serta lainnya,” ujar Guntur.

Para nara sumber tentunya memiliki kapasitas serta berpengalaman yang andal di bidangnya terutama dalam bidang politik dan hukum.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Batam Zuhri Muhammad mengatakan, diskusi bersama KPK tersebut sudah kedua kalinya dalam topik yang sama.

"Pada akhirnya KPK membuka kelas khusus di Batam, untuk menjaring bibit-bibit politikus berintegritas kedepannya," ujar Zuhri.

Menurut Zuhri, gerakan moral semacam ini sangat penting untuk menentukan arah politik yang benar-benar diharapkan masyarakat Indonesia kelak.

"Setidaknya upaya-upaya tersebut sudah dilakukan sejak dari hulu hingga ke hilirnya, jadi mulai dari sistem yang benar, sehingga melahirkan politikus yang benar juga," ujar dia.

 

Berita lainnya:

Lirik Investasi di Batam, Dubes Australia Sempatkan Diri Dialog dengan Ulama di Masjid Raya

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews