[VIDEO] Atasi Kemacetan, China Luncurkan Bus yang Bisa Melaju di Atas Kendaraan

[VIDEO] Atasi Kemacetan, China Luncurkan Bus yang Bisa Melaju di Atas Kendaraan

Transit Elevated Bus (TEB) di China. (foto: ist/xinhua)

BATAMNEWS.CO.ID, Beijing - China mulai melakukan ujicoba bus yang bisa melaju di atas kendaraan di jalan raya. Bus tersebut dinamakan Transit Elevated Bus (TEB). Bus fenomenal sudah mulai diturunkan ke jalan raya. Bus ini dirancang untuk mengatasi kemacetan di China.

Laman Xinhua News mengabarkan bahwa Transit Elevated Bus (TEB) tidak hanya hal yang nyata, namun juga telah menjalani ujicoba pertama kali di jalan raya. Pengujian dilaksanakan di Kota Qinhuangdao Provinsi Hebei.

Bus listrik ini memiliki bagian dalam yang cukup luas dengan panjang 72 kaki (22 meter) dan lebar 25 kaki (7,6 meter). Bus tersebut dapat mengangkut setidaknya 300 orang penumpang dan akan memakan jatah beberapa lajur jalan.

Dalam video yang sempat beredar di media sosial, TEB sendiri dapat diubah layaknya bus gandeng untuk mengangkut penumpang yang lebih banyak.

Bus ini dapat menempuh kecepatan maksimum sekitar 40 mil perjam, yang menjadikannya moda transportasi publik dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Konsep bus ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Kemudian dipamerkan di 19Th Cina Beijing International Expo High-Tech yang diadakan di Beijing pada akhir bulan Mei lalu.

Song Youzhou yang mendesain bus ini mengatakan, saat ini, prototipe dari TEB-1 sedang dibangun. Sebanyak 5 kota telah menandatangani kontrak dengan TEB Technology Development Company untuk melakukan proyek percobaan.

Beberapa negara telah menunjukkan minatnya untuk mengembangkan bus TEB, seperti India dan Brasil, termasuk Indonesia.

“Keuntungan terbesar adalah bahwa bus akan menghemat banyak ruang jalan,” ujar Chief Engineer Proyek, Song Youzhou, seperti dikutip dari BBC, Kamis (4/8/2016).

“TEB memiliki fungsi yang sama seperti kereta bawah tanah, sementara biaya konstruksi kurang dari seperlima biaya kereta bawah tanah,” kata insinyur lain, Bai Zhiming.

(ind/bbs)

VIDEO DARI BATAMNEWS :




Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews