Pakar ESQ Beri Motivasi Pejabat Eselon BP Batam

Pakar ESQ Beri Motivasi Pejabat Eselon BP Batam

Ary Ginanjar (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Biro Sumber Daya Manusia menggelar acara seminar motivasi di lingkungan BP Batam. Acara tersebut mengundang seluruh pejabat eselon I, II, III BP Batam sebagai peserta pada Selasa, (28/6) di Balairungsari Gedung BP Batam.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars BP Batam. Hadir Wakil Kepala BP Batam dan seluruh Deputi serta sejumlah pejabat. 
Wakil Kepala BP, Agus Wirakusuma menyampaikan pengabdian 45 tahun oleh BP Batam dapat terlihat dengan membangun Batam hingga saat ini. 

Menurutnya perlu perubahan bagi Batam dan dengan kegiatan tersebut akan berdampak pada suatu perubahan mindset, paradigma, pandangan atau  gagasan bagi budaya kerja BP Batam sehingga diharapkan keselarasan dan hubungan interkoneksi pada setiap SDM dapat terwujud dan menjadikan Batam sebagai lokomotif pembangunan nasional.

Ia mengatakan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) atau bimbingan merupakan motivasi dan dorongan untuk menjadi manusia yang berbudi pekerti baik.

"ESQ berpatisipasi aktif membantu pemerintah dalam membentuk moral bangsa dan pendidikan karakter bangsa Indonesia," imbuh seperti dikutip dari rilis yang diterima batamnews.co.id, Rabu (29/6/2016).

Sementara itu narasumber Dr. Ari Ginanjar dalam pemaparannya mengatakan, BP Batam memiliki visi misi luar biasa untuk membangun negeri terkhususnya pulau Batam.

“Mudah mudahan di bulan Ramadhan ini dapat mengembalikan fitrah BP Batam dalam melaksakan apa yang menjadi harapan Menko khususnya pemerintah pusat dan mampu beradaptasi dengan adanya perubahan," katanya.

ESQ mewujudkan Indonesia berkarakter, sejahtera, dan adidaya. Dalam kesempatannya ia menyampaikan tentang bagaimana strategi membangun SDM yang memiliki sikap yg menang dan bagaimana membangun budaya kerja yang unggul.

Berbicara budaya kerja manusia ia menjelaskan tidak terlepas dari dukungan faktor budaya kerja yakni kepercayaan, nilai, dan sikap setiap individu sehingga ia meyakinkan dengan ketiga faktor tersebut apa yg ingin dicapai dapat tercapai terlepas dari program dan strategi yang dimiliki instansi.

“Ada dua cara dalam menggapai tujuan, pertama transformasi bisnis yakni program, strategi, dan rencana instansi/perusahaan, kedua budaya kerja yakni kepercayaan, nilai, dan sikap dari setiap individunya,” terangnya.

Terdapat tiga hal untuk membangun kohesivitas dan saling percaya antar pimpinan yakni memiliki tujuan sama, kemudian mengacu pada nilai bersama, dan mempercepat proses pengambilan keputusan dan beradaptasi dengan perubahan. 

Ia meyakinkan BP Batam dapat menjadi contoh keberhasilan dengan apabila menggabungkan transformasi bisnis yakni program, strategi, dan rencana dengan budaya kerja yakni kepercayaan, nilai, dan sikap dari setiap individunya. 

“Membangun budaya kerja merupakan aset besar bagi BP Batam dimana kuncinya ialah dengan membangun setiap alam bawah sadar setiap individu dan yakin dan percaya kita bisa melakukannya,” katanya.

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews