Wali Kota London Akan Buka Puasa di Gereja dan Sinagoge, Ini Tujuannya

Wali Kota London Akan Buka Puasa di Gereja dan Sinagoge, Ini Tujuannya

Walikota London, Sadiq Khan. (foto: ist/thesun)

BATAMNEWS.CO.ID, London - Bukan rasa lapar atau kesibukan luar biasa yang merisaukan wali kota muslim pertama di London, Sadiq Khan saat menyambut bulan puasa. Melainkan tantangan ngopi.

Pria 45 tahun itu terbiasa ngopi setiap ada kesempatan. Bisa saat berada di ruang kerja atau ketika meeting tanpa henti dengan kolega serta orang-orang di pemerintahannya.

”Saya butuh kafein agar fokus dalam menjalaninya. Orang-orang di sekitar saya pasti tahu betapa menyebalkannya saya tanpa kopi,” katanya seperti dikutip The Guardian.

Namun, tahun ini dia sudah punya solusi. Caranya, mengurangi porsi asupan kopi sejak beberapa bulan sebelum Ramadhan. Ramadhan kali ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh penduduk Inggris. Sebab, ini adalah bulan puasa terlama dalam 33 tahun terakhir karena bertepatan dengan puncak musim panas. Yakni, sekitar 19 jam.

Selama Ramadan ini pun jadwalnya tetap sibuk seperti biasanya. Banyak pertemuan yang harus dia ikuti, salah satunya adalah referendum Uni Eropa (UE) pada 23 Juni.

”Saya mungkin saja berbuka puasa hanya dengan segelas air di atas panggung dalam salah satu event nanti,” terangnya.

Bagi Khan, itu bukan masalah. Sebab, tahun lalu kampanye wali kota juga digelar saat Ramadhan. Khan berkali-kali harus hadir dalam debat kandidat saat berpuasa.

Dia ingin Ramadhan kali ini memiliki fungsi khusus. Yakni, menjadi jembatan bagi beragam komunitas di London serta menunjukkan citra sejati Islam bagi mereka yang hanya mengenal Islam lewat berita di televisi. Sebab, yang sering kali muncul adalah berita buruk tentang Islam ataupun pria dengan jenggot yang melakukan maupun mengucapkan hal-hal buruk.

”Saya melihat bahwa (Ramadhan, Red) kali ini adalah kesempatan besar untuk melakukan sesuatu kepada komunitas serta menghancurkan mitos dan kecurigaan antaragama,” tambahnya.

Khan akan menggelar acara buka puasa bersama bukan hanya di masjid, tapi juga sinagoge serta gereja-gereja di London. Penduduk muslim maupun non muslim diperkenankan untuk hadir. Mereka yang hadir bisa berbagi pengalaman.

Bapak dua anak tersebut merasa bahwa momen seperti itu adalah cara terbaik untuk saling mengerti keyakinan satu sama lain. Sebab, hadir di tengah-tengah untuk ikut merasakan bakal jauh lebih bernilai bila dibandingkan dengan penjelasan lewat kata-kata.

”Kita memiliki kota yang paling beragam di dunia, tapi mereka tidak bisa berbaur sebanyak yang mereka bisa. Saya ingin masyarakat punya rasa saling memiliki,” ungkapnya.

Khan juga ingin mengundang Donald Trump, kandidat capres AS dari partai Republik yang sempat mengumumkan akan melarang muslim masuk ke negaranya.

(Ind/The Guardian/The Huffington Post)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews