Jokowi Ceramahi Perlemen Inggris Soal Islam dan Demokrasi

Jokowi Ceramahi Perlemen Inggris Soal Islam dan Demokrasi

Presiden Joko Widodo. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di hadapan Parlemen Kerajaan Inggris, Selasa, 19 April 2016 waktu setempat.

Dalam sambutannya Jokowi menyinggung hubungan RI dan Inggris yang terjalin sejak lama. Di hadapan Parlemen Inggris, Jokowi sempat menyinggung peran Indonesia sebagai negara yang maju dalam poros maritim.

"Negara menjunjung nilai-nilai universal kemanusiaan, pluralisme, dan toleransi. Negara yang mengedepankan demokrasi dan menghormati hak asasi manusia," ucap Jokowi.

"Negara di mana Islam dan demokrasi berjalan seiring. Negara di mana tradisi dan modernitas disatukan oleh satu rujukan. Rujukan ke Pancasila yang menjadi dasar negara kami," tutur Presiden.

Presiden meyakini bahwa Indonesia yang sedang membangun ini akan menjadi rahmat bagi dunia, blessing bagi dunia. Jokowi mengakui, dunia saat ini masih berkutat dengan kemiskinan, ketidakadilan, konflik multidimensi.

"Dunia yang masih terganggu dengan aksi ekstrimisme terorisme dan aksi kekerasan lainnya serta dunia yang masih sarat dengan prasangka dan sikap intoleran," ungkap Jokowi.

Jokowi meyakini Indonesia dianugerahi dua aset penting dalam kehidupan bangsa, yakni Islam dan demokrasi. Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dengan jumlah lebih dari 200 juta penduduk muslim, dengan ciri utama yang moderat.

"Kami bangga bahwa Islam di Indonesia memiliki peran penting dalam mengkonsolidasikan demokrasi. Bertindak sebagai penjaga kemajemukan dan toleransi. Menentang radikalisme, segala bentuk terorisme, ekstrimisme kekerasan dan dapat menjadi inspirasi bagi dunia," pungkasnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews