29 Desa Gelar Pilkades, Pemkab Karimun Kucurkan Rp18 Juta per Desa

29 Desa Gelar Pilkades, Pemkab Karimun Kucurkan Rp18 Juta per Desa

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pemerintah Daerah kabupaten Karimun mengucurkan dana bantuan desa. Setiap desa mendapatkan Rp18 juta. 

Dana itu untuk penyelenggaraan Pemilihan kepala Desa (Pilkades) untuk 29 desa pada bulan Mei mendatang dari 42 Desa se-Kabupaten Karimun. 

‘’Totalnya Rp522 juta untuk 29 desa. Sumbernya dari APBD 2016,'' jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Karimun Dwiyandri Kurniawan, Minggu (3/4/2016).

Tahapan pilkades tersebut sudah dimulai. Mulai dari pembentukan panitia, sekretariat, penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga Daftar Pemilihan Tetap (DPT).

Tahapan pencalonan juga sudah berjalan, mulai dari penjaringan pendaftaran, sedangkan proses pendaftaran bakal calon sedang berjalan pada bulan April ini. 

Para calon kepala desa nantinya juga bakal melalui tahapan uji kompetensi. Bakal calon kepala desa yang ikut mendaftar mencapai 105 orang dari 29 desa. Di pulau Kundur yang ada 18 desa di 5 kecamatan yang akan mengikuti uji kopetensi sudah mendaftar mencapai 65 orang. 

Dwiyandri menambahkan, nantinya setiap desa akan mendapat dana bantuan desa Rp1 miliar. Dana tersebut wajib dikelola secara profesional dan bisa dipertanggungjawabkan. 

''Kades sangat bertanggungjawab mau dibawa kemana Desa itu. Apalagi, wilayah kita berbatasan langsung dengan negara tetangga,'' ujar dia.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews