Inilah Tren Warna Cat Mobil 2015 dan Terpopuler 2014

Deretan mobil di IIMS 2014 lalu. (foto:merdeka)

Jakarta - Warna biasanya mencerminkan karakter seseorang. Begitu juga dalam hal pemilihan warna mobil kesayangan. Warna mobil terkadang dijadikan sebagai identitas bagi pemiliknya. Inilah tren warna mobil untuk tahun 2015 ini.
 
Setiap tahun, produsen otomotif selalu memantau tren warna apa yang akan digemari di tahun berikutnya. Hal ini tentu, agar produk yang mereka buat bisa dengan mudah laku terjual, dengan warna sebagai salah satu faktor pemikatnya.

Dikutip situs otomotif yang mengutip dari situs Autoblog, perusahaan cat terkenal asal Amerika Serikat, PPG, baru saja merilis tren warna yang akan hadir di 2015 mendatang. Dalam daftar ini, mereka melihat bahwa warna putih yang menjadi tren mulai 2012 masih akan dominan digunakan produsen otomotif.

Secara umum, warna putih mendominasi penggunaan warna cat dengan angka 28 persen di 2014 ini, naik tiga persen dari tahun sebelumnya. Di urutan kedua ada warna hitam yang memperoleh porsi 18 persen, sedangkan abu-abu dan perak bersaing di urutan ketiga dengan jumlah masing-masing 13 persen.

Yang menarik adalah warna perak tampaknya akan semakin ditinggalkan, setelah sempat merajai tren warna otomotif hingga 2011 lalu.

Agar terlihat berbeda dan tidak monoton, produsen otomotif juga banyak menggunakan finishing unik seperti mika, aluminium, dan pigmen khusus untuk menghasilkan efek gradasi warna.

Untuk 2015, PPG melihat bahwa putih masih menjadi dominan warna cat kendaraan beroda empat. Namun, beberapa warna unik yang juga menjadi tren di industri perhiasaan, fashion, dan furnitur seperti tembaga, oranye, dan cokelat akan semakin banyak digunakan juga di industri otomotif.
Berikut hasil riset PPG untuk tren warna di 2015:

1. Putih masih akan banyak dipakai produsen otomotif sebagai warna standar produk mereka, diikuti warna hitam dan abu-abu.

2. Mobil model sport akan memakai warna merah, biru, dan hijau. Tiga warna ini menggusur warna abu-abu dan perak yang sebelumnya banyak dipakai.

3. Mobil mewah tetap akan dilapisi dengan finishing bertema metalik dan pearl tri-coat.

4. Jenis-jenis cat baru yang memiliki tampilan kaya warna dan memberi efek warna yang dalam seperti tembaga dan bunga mawar keemasan mulai bernai diterapkan di beberapa model.

5. Warna cokelat akan dominan digunakan di model mobil berukuran menengah dan Sport Utility Vehicle atau SUV.

Sementara, menurut BBC yang mengutip data survei Axalta, ada 10 warna yang paling populer di mobil-mobil yang dipasarkan secara global pada tahun 2014 lalu. Berikut daftarnya.

1. Putih
Warna ini adalah yang paling populer. Axalta menyebutkan bahwa 29 persen mobil yang dijual diselimuti warna putih. Masih dibagi dua, untuk warna putih solid 22 persen dan putih mutiara 7 persen.

2. Hitam
Sering kali, hitam diartikan sebagai warna yang melambangkan suasana gelap. Bisa juga diartikan sebagai simbol pemberontakan dan suasana sunyi. Axalta mencatat, hitam mewakili 20 persen mobil di dunia. Hitam solid 5 persen dan 15 persen untuk yang diberi efek.

3. Silver
Warna silver seolah mendapatkan kejayaannya sejak milenium ketiga. Seolah silver adalah lambang modern. Persentase warna ini mencapai 15 persen dari seluruh warna yang ada.

4. Abu-abu
Agak mirip dengan silver, namun sedikit lebih gelap. Walaupun abu-abu sering kali diartikan kesan ketidakpastian, tapi angkanya mencapai 12 persen di pasar.

5. Merah
Kebanyakan orang yang menyukai warna merah untuk mobilnya karena ingin tampil beda ketika di jalan. Selain itu merah sering dianggap sebagai warna yang melambangkan keberanian. Ada 8 persen mobil di pasar yang memakai warna merah.

6. Biru muda
Seperti langit, biru muda juga jadi warna favorit para pembeli mobil. Porsinya tidak banyak, hanya 5 persen.

7. Cokelat
Gelap namun terkesan hangat. Warna ini juga jadi warna favorit dan mencetak angka sebesar 5 persen bersama dengan warna biru muda.

8. Kuning
Mungkin terkesan menor dan norak. Tapi, tunggu dulu. Mobil asal Jepang yang paling mahal saat terjual di salah satu lelang pada tahun lalu ialah yang mendapat sentuhan warna kuning. Harganya mencapai USD1,15 juta atau setara dengan Rp13 miliar. Dan di dunia, hanya 2 persen.

9. Hijau
Memang jarang di jalan ada mobil yang bewarna hijau. Karena itu angka yang tercatat dalam survei Axalta hanya sekitar 1 persen.

10. Abstrak
Warna ini lebih banyak ketimbang kuning dan hijau. Biasanya ada pemilik yang mencampurkan satu warna dengan warna lainnya ketika memodifikasi. Selain tampil beda, gabungan warna biasanya menghasilkan visual yang unik. (bbs)