Ini Sekolah Dasar Pertama yang Berdiri di Batam

Ini Sekolah Dasar Pertama yang Berdiri di Batam

SD Budi Utama, sekolah dasar yang pertama berdiri di Batam. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sekolah Dasar (SD) Budi Utomo bersama SD Yos Sudarso dan SD Ibnu Sina, menjadi SD pionir yang ada di Batam, Kepulauan Riau. Sekolah tersebut didirikan pada tahun 1977 di kawasan Jodoh, Batam.

Edi Sutrisno, Ketua Asosiasi Batam Heritage Society mengatakan, berdasarkan dokumentasi dan dari sumber yang diperolehnya tiga Sekolah Dasar (SD) tersebut menjadi SD pionir yang didirikan di Batam, Kepulauan Riau.

"Saat itu sekolah tersebut masih didirikan dengan menggunakan atap jerami dan dinding semi permanen," ujar Edi Sutrisno, saat ditemui di acara Batam Tempoe Doeloe di Kepri Mall, Batam, Senin (22/2/2016).

Seperti halnya SD Yos Sudarso, sambungnya, sekolah ini sudah tiga kali pindah lokasi hingga saat ini berdiri permanen di lokasi saat ini. Pada saat itu perkampungan Jodoh tersebut di kelilingi dengan kebun karet warga perkampungan Jodoh atau yang dikenal dengan warga Boyan.

"Pada masa itu, warga perkampungan Jodoh untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi harus pergi ke Belakangpadang dan Tanjungpinang," papar Edi.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews