KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun Musnahkan Benda Sitaan dengan Total Potensi Kerugian Rp1 Miliar Lebih

KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun Musnahkan Benda Sitaan dengan Total Potensi Kerugian Rp1 Miliar Lebih

Pemusnahaan Barang yang Menjadi Milik Negara (BMMN).

Karimun, Batamnews - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau dan Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai TMP B Tanjung Balai Karimun telah melakukan pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara (BMMN) senilai Rp4,257,428,732 pada tanggal 9 Juli 2024. 

Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara dibakar hingga barang-barang tersebut tidak dapat digunakan lagi. 

Barang-barang yang dimusnahkan termasuk daging beku seberat 6.180 kg, pakaian bekas sebanyak 60 koli, bawang merah seberat 13.887 kg, bawang bombai seberat 58.555 kg, dan 995.648 batang rokok tanpa cukai. 

Baca juga: Viral Video Pengeroyokan di Karimun, Empat Pelaku Berhasil Diamankan Polisi di Batam

Total nilai barang yang dimusnahkan mencapai Rp4,2 miliar, dengan potensi kerugian negara sekitar Rp1 miliar lebih. Pemusnahan ini telah disetujui oleh Menteri Keuangan karena barang-barang tersebut tidak memiliki administrasi yang jelas mengenai asal-usulnya.

Jerry Kurniawan, Kepala KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun, menegaskan bahwa tindakan ini merupakan bagian dari upaya mereka sebagai pelindung masyarakat dari peredaran barang terlarang dan memastikan keuangan negara terlindungi dari potensi kerugian. 

"Barang-barabg ini merupakan hasil sitaan kami sejak pertengahan tahun 2023 hingga daat ini. Total nilai barang capai Rp4,2 miliar, terdiri dari barang-barang seperti daging beku, bawang putih, bawang merah, pakaian bekas, dan rokok tanpa cukai," kata Jerry.

Baca juga: Rocky Marciano Bawole Dapat Dukungan dari Seniman dan Scaffolder untuk Pilkada Karimun 2024

Barang-barang tersebut tidak dilelang karena tidak diketahui dengan pasti asal-usulnya setelah berkoordinasi dengan instansi terkait, sehingga diputuskan untuk dimusnahkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews