Lemang Tiban Global, Kelezatan Kuliner Sumatera Barat yang Merambah Batam

Lemang Tiban Global, Kelezatan Kuliner Sumatera Barat yang Merambah Batam

Kuliner lemang khas Sumbar yang bisa didapat di Tiban Global. (Foto: Aisyah/Batamnews)

Batam, Batamnews – Di sudut ramai Tiban Global, Batam, lemang, makanan tradisional khas Sumatera Barat, kini menjadi idola baru bagi warga setempat. Lemang yang terbuat dari beras ketan dan dimasak di dalam batang bambu, menawarkan keunikan dan citarasa yang memikat banyak pecinta kuliner.

Proses memasak kuliner yang satu ini membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 6-8 jam.

Riki (37), pemilik warung kaki lima lemang di Tiban Global, mengungkapkan bahwa lemang mulai populer di kawasan tersebut sejak sekitar dua tahun lalu. 

"Awalnya saya hanya memasak lemang untuk keluarga, tetapi banyak warga yang tertarik dan ingin mencobanya. Akhirnya, saya membuka warung kecil-kecilan di sini," ujarnya.

Baca juga: Kehadiran Penjual Ikan Hias di Pasar Tiban Center Sukses Tarik Perhatian Warga

Lemang biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti rendang, gulai, atau sambal ikan teri. Bagi warga Tiban Global, lemang menjadi sajian istimewa saat berkumpul dengan keluarga atau acara-acara khusus.

"Satu hari itu biasanya habis sekitar 50 batang lemang yang terjual," sebut Riki.

"Rasanya benar-benar lezat dan khas. Saya suka aroma bambu yang menyatu dengan ketan itu. Lemang juga cocok disantap kapan saja, baik untuk sarapan, makan siang, atau makan malam," ungkap Efa, salah satu penggemar lemang di Tiban Global.

Dengan semakin banyaknya peminat, para pedagang lemang di Tiban Global berharap agar makanan tradisional ini dapat terus dilestarikan dan dikenal lebih luas lagi di Batam dan mancanegara

Penulis: Aisyah


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews