Kadisnaker Batam Ingatkan Pencaker Daftar di Sisnaker untuk Hindari Penipuan Lowongan Kerja

Kadisnaker Batam Ingatkan Pencaker Daftar di Sisnaker untuk Hindari Penipuan Lowongan Kerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam Rudi Sakyakirti.

Batam, Batamnews - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam Rudi Sakyakirti menghimbau kepada seluruh pencari kerja (pencaker) di Kota Batam agar mendaftarkan diri melalui Sistem Informasi Tenaga Kerja (Sisnaker). 

Langkah ini ditempuh untuk mengantisipasi maraknya praktik penipuan terkait lowongan pekerjaan yang beredar di media sosial.

"Masalah lowongan kerja ini, kita sudah punya Sisnaker yang tersedia di seluruh wilayah Kota Batam. Saat ini, staf kami tengah melakukan sosialisasi kepada seluruh perusahaan. Hingga hari ini, kami sudah menjangkau 11 batch atau 11 angkatan perusahaan," ungkap Rudi, Sabtu, 4 Mei 2024.

Baca juga: Rencana Ambisius Wali Kota Batam, Transformasi Masjid Baitul Makmur Bukit Senyum Jadi Destinasi Wisata Religi

Rudi menegaskan bahwa seluruh perusahaan di Batam wajib menyampaikan informasi lowongan pekerjaan mereka melalui Sisnaker. Ia meminta pencaker tidak lagi mempercayai informasi lowongan kerja yang beredar di media sosial seperti Instagram.

"Jadi seluruh perusahaan itu harus menyampaikan lowongan pekerjaannya ke kami melalui Sisnaker. Jangan lagi melalui Instagram dan media sosial lainnya, karena banyak di antaranya yang merupakan penipuan," tegas Rudi.  

Lebih lanjut, Rudi menyampaikan pihaknya siap memfasilitasi pencaker yang ingin bekerja di luar negeri dengan cara yang profesional. Pasalnya, saat ini banyak negara yang membuka peluang kerja bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Jika memang ingin bekerja di luar negeri, silakan saja. Saat ini banyak tawaran kerja yang masuk dari Malaysia, Hongkong, dan Taiwan. Kami siap membantu dengan cara yang profesional," ungkap Rudi.

Baca juga: Akses Menuju Rumah Ditutup Bangunan, Warga Sagulung Minta Bantuan Camat dan Wako Batam

Rudi mencontohkan, sepanjang tahun ini Disnaker Kota Batam sudah mengirimkan lebih dari 600 orang ke Korea Selatan dengan profesi sebagai welder. Ke depan, permintaan untuk tenaga kerja jenis lain juga akan terus mengalir.

"Tahun ini sudah ada 600 lebih warga Batam yang kami kirim ke Korea sebagai tenaga welder. Setelah itu, kami akan mengirimkan tenaga untuk jenis pekerjaan lainnya sesuai permintaan. Kesempatan kerja di luar negeri memang sangat terbuka lebar," pungkas Rudi.

Sementara itu, Rudi mengimbau pencaker yang menemukan informasi lowongan kerja dari sumber tidak resmi agar segera melapor ke Disnaker. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya praktik penipuan yang dapat merugikan pencaker.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews