Baliho Bakal Calon Pilkada Mulai Bermunculan di Batam, KPU Kepri Beri Respons

Baliho Bakal Calon Pilkada Mulai Bermunculan di Batam, KPU Kepri Beri Respons

Baliho bakal calon kepala daerah mulai bermunculan di Batam. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batam dan Kepulauan Riau (Kepri) 2024, baliho para Bakal Calon (Bacalon) kepala daerah mulai terlihat di beberapa titik strategis di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. 

Meskipun tahapan resmi Pilkada belum dimulai, fenomena ini telah menjadi sorotan masyarakat serta pihak berwenang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi, menegaskan bahwa tahapan pencalonan baru akan dimulai sekitar bulan Agustus hingga September 2024. 

Baca juga: Aunur Rafiq Mengumumkan Dirinya Mantap untuk Maju Pada Pilkada Provinsi Kepri 2024

"Pencalonan baru akan dimulai sekitar bulan Agustus - September, yang berarti bahwa mereka belum dianggap sebagai calon," ungkap Indrawan dalam keterangan, Rabu, 17 April 2024.

Sementara itu terkait dengan diperbolehkan atau tidak baliho tersebut dipajang, dirinya menuturkan ranah kajiannya berada di pengawasan. Apalagi kalau terkait bakal calon masih terikat dengan status undang-undang yang mengatur soal netralitas.

Pihaknya menilai baliho tersebut hanya sebagai bentuk sosialisasi. Namun pada saat masuk ke dalam tahapan penyelenggaraan dan belum memasuki tahapan kampanye, maka harus dilakukan penertiban.

Baca juga: Partai Nasdem Mulai Persiapan Pilkada Tanjungpinang 2024: Buka Penjaringan Bulan ini

"Yang jelas kami akan mengikuti tahapan yang ada di PKPU Nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal," tambahnya.

Ia menuturkan, sebelum melakukan tindakan, biasanya Bawaslu memiliki kajian sesuai regulasi yang mengatur. Kemudian disimpulkan tindakan yang dilakukan.

Bursa calon kepala daerah (Pilkada) 2024 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau mulai menggeliat. Telah mencuat ke publik dua orang tokoh yang siap maju di Pilkada Kota Batam. 

Sosok tersebut yakni Amsakar Achmad yang diketahui Wakil Wali Kota Batam periode 2019-2024. Dan Marlin Agustina Rudi yang diketahui menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepri saat ini. Bahkan kedua tokoh tersebut sudah mulai melakukan sosialisasi melalui baliho.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews