Program Mudik Lebaran 2024: PT Pelni Tanjungpinang untuk Penumpang di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang

Program Mudik Lebaran 2024: PT Pelni Tanjungpinang untuk Penumpang di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang

Tiket gratis dari PT Pelni Indonesia.

Tanjungpinang, Batamnews - PT Pelni Tanjungpinang telah menyiapkan sebanyak 1.000 tiket gratis bagi penumpang yang akan melakukan mudik Lebaran 2024 melalui pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Kabupaten Bintan.

Kepala Kantor Pelni Cabang Tanjungpinang, Putra Kencana, menjelaskan bahwa ada dua armada kapal yang akan digunakan untuk menampung penumpang dari mudik gratis tersebut.

“Dari pelabuhan Kijang ada dua kapal yang mendapat layanan tiket gratis, yakni KM Umsini dan KM Bukit Raya,” kata Putra, Rabu, 20 Maret 2024.

Diketahui, Pelabuhan Sri Bayintan Kijang dipilih sebagai salah satu embarkasi untuk program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Adapun kata Putra, dari dua kapal tersebut memiliki kuota masing-masing, untuk KM Bukit Raya rute Kijang-Tarempa mendapat kuota sebanyak 100 tiket, sedangkan rute Kijang-Natuna 100 tiket.

Baca juga: Menyongsong Idul Fitri, Kendaraan FTZ Batam Bisa Melintas Wilayah Indonesia

Kemudian, untuk KM Umsini, dari keberangkatan pelabuhan Sri Bayintan Kijang tujuan Tanjung Priok (Jakarta) sebanyak 200 tiket, Makassar 200 tiket, Lewoleba 100 tiket, dan Kupang 100 tiket.

“Khusus untuk KM Bukit Raya tujuan Tarempa dan Natuna kuotanya sudah penuh untuk keberangkatan tanggal 2 April 2024 mendatang. Sementara KM Umsini masih ada dan tinggal menunggu jadwal,” ungkapnya.

Putra menerangkan, bagi masyarakat yang ingin mendaftar tiket gratis, bisa datang langsung ke kantor Cabang di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bukit Bestari membawa dokumentasi berupa KTP beserta salinannya.

Kemudian bagi yang ingin bepergian dengan keluarga, bisa membawa Kartu Keluarga (KK) serta KTP dan boleh diwakilkan oleh salah satu anggota keluarganya.

“Kami hanya melayani khusus keberangkatan dari pelabuhan Sri Bayintan Kijang saja, jika ada keberangkatan dari Batam tidak bisa melayani khusus,” pungkasnya.

Ratusan tiket mudik gratis untuk rute perjalanan Natuna dan Tarempa di Pelni Cabang Tanjungpinang sudah habis diserbut warga pada hari pertama dibukanya pendaftaran.

Kepala Pelni Cabang Tanjungpinang, Putra Kencana mengatakan tiket mudik gratis merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI bersama PT Pelni. Dan telah dibuka sejak Selasa, 19 Maret 2024 lalu.

Baca juga: Warga Kepri, Ada Tiket Mudik Gratis Lebaran 2024 dari Pelni ke Berbagai Rute

Rute mudik gratis yang telah dibuka ialah Kijang - Natuna dan Kijang Anambas menggunakan KM. Bukit Raya dan akan berangkat pada 2 April 2024 mendatang.

"Untuk tujuan Tarempa dan Natuna, kuotanya masing-masing 100, dan untuk tujuan ini sudah habis terjual," kata Putra, Rabu, 20 Maret 2024.

Sedangkan untuk rute perjalanan di luar Kepri hingga saat ini belum dibuka pendaftarannya. Hal ini dikarenakan kapal Umsini masih dalam proses docking.

"Mudah-mudahan dalam minggu ini proses dockingnya sudah selesai," ujar Putra.

Dirinya menyebut kuota mudik gratis untuk setiap rute dibatasi hanya 100 tiket. Seperti untuk tujuan Natuna, Anambas, Tarempa, Tambelan, Priok, hingga kawasan Indonesia Timur. Dengan total tiket mencapai 1000 tiket.

"Kalau untuk kapal Umsini tujuan Tanjung Priok akan ada tiket gratis sebanyak 200. Lalu tujuan Makassar 200, Lewoleba hingga Kupang masing-masing 100," ucapnya.

Untuk mendapatkan tiket gratis ini, masyarakat dapat langsung mendatangi loket di Kantor Cabang Pelni Tanjungpinang dengan membawa identitas dan tanpa diwakili.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews