Usir Nyamuk dengan Cara Alami, Ini 5 Tips Ampuh!

Usir Nyamuk dengan Cara Alami, Ini 5 Tips Ampuh!

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Musim penghujan sering kali diikuti dengan peningkatan populasi nyamuk. Untuk mengatasi gangguan nyamuk di rumah, Anda bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini yang efektif mengusir nyamuk tanpa menggunakan bahan kimia.

1. Bawang Putih
Bau tajam dari bawang putih ternyata dapat mengusir nyamuk. Caranya mudah, cukup letakkan potongan bawang putih di beberapa sudut ruangan. Untuk mengurangi bau menyengat, tambahkan daun serai di dekatnya.

2. Kayu Manis
Aroma kayu manis tidak hanya nikmat untuk kue tapi juga membuat nyamuk ketar-ketir. Studi di Taiwan menemukan bahwa minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk dan mengusir nyamuk dewasa, termasuk jenis Aedes albopictus.

3. Minyak Lavender
Minyak lavender tidak hanya memiliki aroma yang menyenangkan tetapi juga efektif mengusir nyamuk. Campurkan minyak lavender dengan air dan sedikit ragi, lalu letakkan campuran ini di ruangan untuk mengusir nyamuk.

Baca juga: Menu Sarapan Pagi yang Cocok untuk Mengawali Hari Senin agar Tetap Semangat

4. Kulit Jeruk
Limonen pada kulit jeruk dan keluarga tanaman sitrus lainnya dapat mengusir nyamuk. Anda bisa menggosok kulit jeruk langsung pada kulit, merebus kulit jeruk dan menyemprotkannya, atau membakar kulit jeruk kering sebagai obat nyamuk alami.

5. Daun Serai
Aroma khas dari daun serai ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa meletakkan potongan daun serai di sudut ruangan atau menanam serai dalam pot untuk mengusir nyamuk.

Dengan mencoba cara-cara alami ini, Anda dapat mengurangi penggunaan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia dan menjaga kesehatan keluarga sekaligus lingkungan. Semoga bermanfaat!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews