Jadwal dan Tahapan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2024 Format: Hybrid Daring dan Luring

Jadwal dan Tahapan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2024 Format: Hybrid Daring dan Luring

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin

Jakarta, Batamnews - Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi pada Minggu, 10 Maret 2024. Sidang ini akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta, dengan format hybrid, yakni daring dan luring.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, menjelaskan bahwa sidang isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapatkan kepastian mengenai pelaksanaan ibadah. 

Sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri oleh para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Baca juga: Pekerja Bangunan Kesetrum Listrik di Tanjung Uma, Batam

Sidang isbat juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta undangan lainnya. 

Adib, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, menambahkan bahwa pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI juga diundang untuk hadir dalam sidang isbat.

Sidang isbat akan terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab, yang akan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag dan disiarkan secara langsung di Channel Youtube Bimas Islam. 

Tahap kedua adalah sidang isbat penetapan awal Ramadhan yang digelar secara tertutup setelah Shalat Magrib. Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Dishub Kota Batam Kembali Mengubah Durasi Drop Off Parkir Jadi 15 Menit

Tahap ketiga adalah konferensi pers hasil sidang isbat yang juga akan disiarkan melalui media sosial Kemenag. 

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Senin, 11 Maret 2024, berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews