Pemilu 2024

Perebutan Kursi DPR RI Dapil Kepulauan Riau Memanas: Soerya Respationo Terancam Disalip Isdianto dan Suryani

Perebutan Kursi DPR RI Dapil Kepulauan Riau Memanas: Soerya Respationo Terancam Disalip Isdianto dan Suryani

Caleg DPR RI dari PKB Dapil Kepulauan Riau yang masih berpeluang melaju ke Senayan (Foto: Batamnews)

Kepulauan Riau, Batamnews - Pemilihan umum legislatif yang baru saja berlangsung menunjukkan persaingan ketat untuk mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari daerah pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan tiga partai yang bersaing sengit untuk menduduki kursi keempat di DPR RI.

Baca juga:

10 Partai dan Caleg dengan Perolehan Suara Tertinggi di Pemilihan Legislatif DPR RI 2024 Daerah Pemilihan Kepulauan Riau: PKB Tempel Ketat PDIP

Sementara itu kursi ketiga diperkirakan direbut Partai NasDem dengan caleg Randi Zulmariadi. Dari data perolehan suara yang telah dihitung, caleg DPR RI dari PDIP Perjuangan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. M. Soerya Respationo, S.H., M.H., berhasil mengumpulkan sebanyak 13.300 suara.


Soerya Respationo

Namun, posisinya terancam disalip oleh caleg dari PKB, H. Isdianto, S.Sos., M.M., yang meraih 10.242 suara, serta Suryani, S.E., M.I.Kom. dari PKS yang mendapatkan dukungan suara sebanyak 15.204. Selain itu suara Rocky Bawole dari PKB diperkirakan juga menguntit calon lainnya diikuti Huzrin Hood yang juga memiliki suara signifikan. 

Baca juga: 

Empat Anggota DPR RI dari Kepulauan Riau Terancam Kehilangan Kursi di Senayan

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sendiri berhasil mengumpulkan total 30.316 suara, dengan suara sah partai politik sebanyak 3.385. Sementara itu, PDIP Perjuangan meraih total 32.105 suara, dengan suara sah partai sebanyak 5.471. Di sisi lain, PKS berhasil mengumpulkan total 23.722 suara, dengan suara sah partai sebanyak 3.785.


Isdianto

Sementara itu penghitungan suara masih berlangsung. Rata-rata total data yang masuk belum sampai 50 persen. Artinya masih ada peluang ketiga caleg DPR RI itu untuk merebut satu kursi. Apalagi jarak suara ketiganya tak begitu mencolok. 

Kursi pertama DPR RI Dapil Kepulauan Riau dapat dipastikan direbut antara Partai Golkar dengan 56.821 suara partai dan caleg, sedangkan Gerindra mengumpulkan 40.433 suara partai dan caleg. 

Golkar dengan Caleg Rizki Faisal dan Gerindra Endipat untuk sementara memimpin perolehan suara. Selain itu kursi ketiga diprediksi diamankan Randi Zulmariadi yang memperoleh 18.627 suara disusul Nyat Kadir 12.309 dengan total suara partai dan caleg mencapai 35.767 suara. 

Perebutan kursi keempat di DPR RI Dapil Kepulauan Riau ini menunjukkan dinamika politik yang menarik, di mana perolehan suara caleg dan partai menjadi faktor penentu. Masyarakat Kepulauan Riau menantikan hasil akhir dari penghitungan suara ini, yang akan menentukan wakil mereka di parlemen.

Baca juga:

Hasil Sementara Pemilihan Legislatif DPRD Kota Batam 2024 di Dapil Batam 1, Berikut Daftar Caleg Teratas

Hasil Sementara Pemilihan Legislatif DPRD Provinsi Kepulauan Riau 2024 di Dapil Kepri 1: Ini Daftar Nama Caleg Teratas

Hasil Sementara Pemilihan Legislatif DPRD Provinsi Kepulauan Riau 2024 di Dapil Kepulauan Riau 4, Asmin dan Nyanyang Merajai

Dengan persaingan yang ketat antara PDIP, PKB, dan PKS, dinamika politik di Kepulauan Riau semakin menarik untuk diikuti. Ke depan, konstelasi politik di daerah ini diprediksi akan terus berkembang seiring dengan dinamika pemilihan umum dan kepentingan masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews