Surat Suara Caleg DPRD Kepri Kosong di Batu Selicin Batam, Bawaslu dan Polisi Pastikan Situasi Tetap Kondusif

Surat Suara Caleg DPRD Kepri Kosong di Batu Selicin Batam, Bawaslu dan Polisi Pastikan Situasi Tetap Kondusif

Pemilihan Umum 2024 di Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, mengalami kendala dengan ditemukannya kekurangan surat suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Pemilihan Umum 2024 di Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, mengalami kendala dengan ditemukannya kekurangan surat suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Komisaris Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Saylendra Reza, membenarkan kekurangan surat suara tersebut. Salah satunya di TPS 028 Kelurahan Batu Selicin yang mana tidak terdapat surat suara untuk Calon Anggota DPRD Provinsi Kepri.

"Jadi 8 TPS ini, ada 1 kotak, kan 1 TPS ada 5 kotak suara, 1 kotak suara isi DPRD provinsi tidak ada isinya, dalam artian, tapi di isi DPR RI," ujarnya.

Baca juga: Warga Karimun Ungkap Hadapi Kesulitan Melipat Kembali Surat Suara Pemilu 2024 Gegara Terlalu Besar

Bawaslu menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi dan KPU Kota Batam untuk segera melakukan verifikasi. Jika surat suara masih ada, maka akan segera diantar ke TPS, namun jika benar-benar tidak ada, maka PSL (Pungutan Suara Lanjutan) pun akan dijalankan dalam waktu maksimal 10 hari ke depan.

"Jadi nunggu ini surat suara ada, kalau tak ada gak mungkin di fotokopi disini karena percetakan di Klaten. Domainnya KPU maksimal 10 hari," tuturnya.

Meski demikian, Bawaslu enggan menunjuk pihak mana yang bertanggung jawab. Menurutnya bisa jadi ini kesalahan manusiawi (human error) mengingat surat suara harus dijaga 24 jam.

Baca juga: BREAKING NEWS! Surat Suara Caleg DPRD Provinsi di 7 TPS di Batu Selicin Kota Batam Kosong

Sementara itu, Likhai, salah satu calon anggota DPRD Kota Batam mendesak agar pemungutan suara hari ini dibatalkan dan KPU bertanggung jawab penuh. 

"Saya selaku caleg juga ketua komisi satu juga selaku Caleg DPRD Provinsi, saya kira merasa sangat dirugikan," katanya.

Sementara itu, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri yang memantau situasi langsung di Batu Selicin menegaskan kondisi TPS berjalan aman dan terkendali. Ia menyarankan agar penyebab pasti kekurangan suara ditanyakan ke KPU dan Bawaslu setempat.

"Semuanya aman terkendali," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews