Gelombang di Perairan Kepri Bisa Mencapai 5 Meter

Gelombang di Perairan Kepri Bisa Mencapai 5 Meter

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Cuaca buruk masih akan menghantui perairan Kepulauan Riau. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Batam mengimbau pengguna transportasi laut berhati-hati.

Terutama gelombang tinggi. Di Natuna, kata Prakirawan BMKG Batam Pande Made Rony Kurniawan, gelombang laut di perairan Natuna dan Anambas mencapai lima meter, sedangkan di perairan Tanjungpinang Bintan 3,5 meter, di Lingga tiga meter serta Batam dan Karimun 1,5 meter.

Kecepatan arus laut di perairan Tanjungpinang Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas bahkan mencapai 95 cm per detik, Karimun 55 cm per detik dan Batam 70 cm per detik.

"Aktivitas kelautan dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap gelombang yang tinggi serta arus laut yang kuat di wilayah perairan Kepri," kata Pande seperti dilansir Antara.

BMKG memperkirakan cuaca di Kepri secara keseluruhan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan hingga sedang, yang terkadang disertai petir.

Adanya daerah pusat tekanan rendah di selatan Pulau Sumatera mengakibatkan terbentuknya pola belokan angin di atas wilayah Kepri.

Menurut Pande, hal itu menyebabkan adanya perlambatan massa udara yang mendukung terbentuknya awan. Apalagi didukung kelembaban udara yang relatif tinggi, menyebabkan potensi pertumbuhan awan konvektif di Kepri juga tinggi.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews