Tes Pramusim MotoGP Malaysia Berakhir, Ini Hasil Lengkapnya

Tes Pramusim MotoGP Malaysia Berakhir, Ini Hasil Lengkapnya

Sirkuit Sepang, Malaysia. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Sepang - Pengujian MotoGP 2016 pertama di Malaysia sudah selesai. Jorge Dari beberapa hasil balapan tes, diperoleh sejumlah kesimpulan menjelang balapan resmi dimulai.

Dalam pengujian semua pembalap menguji penggunaan Electronic Control Unit (ECU) terbaru dan ban Michelin untuk musim balap 2016. Hasilnya, Lorenzo jadi yang tercepat meski masih ada sejumlah masalah.

Beberapa peristiwa menarik terjadi selama tiga hari pengujian di Negeri Jiran kemarin. Inilah sejumlah hasil dan kesimpulannya.

1. Yamaha Makin Kuat
Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi jadi menunjukkan Yamaha berada di depan. Namun perkembangan Yamaha meningkat pesat setelah mampu merebut 14 kali lap tercepat selama tiga hari. Lorenzo keluar sebagai yang tercepat dari tiga hari pengujian di Sirkuit Internasional Sepang, 1-3 Februari 2016 lalu.

2. Lorenzo Mendominasi
Lorenzo membuktikan kapasitasnya sebagai juara bertahan MotoGP 2015. Keluar jadi yang tercepat sebanyak dua dari tiga hari menunjukkan kecepatan waktunya masih sangat baik ketimbang pembalap lain.

3. Rossi Jawab Keraguan
Rossi yang bakal berusia 37 tahun di musim balap 2016, coba menjawab spekulasi dirinya bakal pensiun atau tidak musim depan. Pendekatannya selama pengujian masih sama yakni tidak membuat kesalahan. Selama di Sepang, catatan waktunya mengindikasikan The Doctor masih punya kapasitas untuk bersaing.

4. Marquez-Pedrosa Keluhkan Mesin Honda
Keluhan Marquez dan Pedrosa soal masalah ECU sepertinya belum bisa dijawab dengan baik oleh Honda. Buktinya, kedua pembalapnya itu masih kesulitan bersaing dengan Lorenzo dan Rossi. Meski sudah memberi mesin anyar ketika menguji di Malaysia, hal itu belum menyelesaikan solusi.

5. Stoner Ternyata Masih Jago
Mengaku tidak menunggangi motor selama hampir setahun, Stoner buktikan diri masih cukup menjanjikan di lintasan balap. Hanya dua hari diturunkan Ducati selama pengujian, juara dunia dua kali MotoGP itu sempat bersaing ketat dengan Rossi dan Lorenzo.

6. Ducati Belum Maksimal
Ducati mengalami penurunan performa ketimbang pengujian tahun lalu. Dua pembalap resminya, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso belum bisa bersaing menggunakan motor GP16. Terakhir, muncul keluhan dari Dovi jika gearbox-nya sedikit bermasalah.

7. Ban Depan Michelin Sudah Lebih Baik
Produsen ban asal Prancis membuktikan mereka mendengar keluhan pembalap. Ban depan yang selama ini dikeluhkan, mulai mendapat sanjungan dari Lorenzo, Rossi, dan Marquez.

8. Pembalap Satelit Makin Jauh
Perubahan regulasi yang mengharuskan pembalap menggunakan ECU standar Magneti Marelli dan ban Michelin membuat semua tim fokus pada tim utamanya. Para pembalap satelit pun hanya mendapat jatah mesin tahun lalu untuk menguji di Sepang kemarin. Jika Honda meminta semua pembalapnya menggunakan mesin 2016, itu tak lain cuma karena ingin mengumpulkan data sebanyak-banyaknya.

9. Ban Belakang Michelin yang bermasalah
Masalah Michelin tampaknya beralih ke ban belakang. Insiden Loris Baz jadi buktinya, ban belakang bertipe lembutnya mengalami pecah saat dipacu dengan kecepatan hampir 300 km/jam.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews