BMKG: Waspada, Batam dan Kepri Diperkirakan Dikepung Banjir Rob

BMKG: Waspada, Batam dan Kepri Diperkirakan Dikepung Banjir Rob

Banjir rob yang terjadi di Kota Tanjungpinang tahun lalu (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam telah mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya banjir pesisir (rob) yang berlaku dari tanggal 12 hingga 16 Januari 2024.

Menurut BMKG, fenomena pasang air laut yang tinggi ini dipicu oleh adanya fenomena fase Bulan Baru (New Moon) pada tanggal 11 Januari 2024, yang menyebabkan peningkatan tinggi pasang air laut maksimum yang berpotensi mengakibatkan banjir rob.

Baca juga: Perampok Beraksi di Apotek Kimia Farma Batam, Pelaku: Kamu Sayang Nyawa, Kan?

Masyarakat di pesisir Batam dan daerah sekitarnya, khususnya di Kecamatan Batu Aji, Batu Ampar, Sekupang, Nongsa dan wilayah lainnya di Bintan dan Karimun, serta Lingga, diminta untuk waspada terhadap potensi banjir ini.

Dampak dari fenomena ini dapat mempengaruhi transportasi di sekitar pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Baca juga: Dua Motor Terlibat Kecelakaan di Batam, Diduga Akibat Melanggar Lampu Merah

BMKG menghimbau masyarakat untuk mengikuti perkembangan informasi terkini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.

Peringatan ini disampaikan oleh Ramlan, M.Si., Kepala Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, dan ditandatangani oleh Prakirawan Ibnu Susilo, S.Tr. Informasi ini berdasarkan sumber dari PUSHIDROSAL TNI AL.

Warga diimbau untuk selalu mengikuti perkembangan informasi yang disampaikan oleh BMKG melalui berbagai kanal resmi mereka dan mempersiapkan segala keperluan yang diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan banjir.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi BMKG Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam atau mengunjungi situs resmi BMKG.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews