Poin Penting Debat Cawapres Malam Ini: Pakai Podium hingga Gibran Tampil Duluan

Poin Penting Debat Cawapres Malam Ini: Pakai Podium hingga Gibran Tampil Duluan

Cawapres 2024. (Foto: istimewa)

Jakarta, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), pada malam ini, Jumat, 22 Desember 2023.

Ketiga cawapres, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, akan beradu gagasan di satu panggung.

Tema debat yang telah ditetapkan oleh KPU mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Baca juga: Debat Perdana Cawapres di JCC Jakarta Malam Ini: Adu Gagasan Ekonomi hingga Infrastruktur

Debat akan berlangsung dalam enam segmen dengan total durasi 120 menit, dimulai dengan pemaparan visi-misi di segmen pertama, diikuti oleh segmen interaksi dan sanggahan.

Sebanyak 11 panelis, mayoritas ekonom dan akademisi, telah menyiapkan pertanyaan untuk debat ini. Panelis tersebut mencakup nama-nama seperti Alamsyah Saragih, Adhitya Wardhono, Agustinus Prasetyantoko, dan Fausan Ali Rasyid, serta Hendri Saparini.

Debat akan dipandu oleh Alfito Deannova dari Detikcom dan Liviana Cherlisa dari Kompas TV, dan akan menggunakan podium berdasarkan usulan dari tim pasangan calon.

Baca juga: KPU Batam Pasang Baliho Visi-Misi Capres Jelang Debat Kedua 22 Desember

Gibran Rakabuming Raka akan mendapat giliran pertama bicara dalam pemaparan visi-misi. KPU telah memutuskan untuk merotasi giliran tampil perdana sepanjang debat capres-cawapres.

Debat ini diselenggarakan oleh CNN Indonesia dan Trans Corp dan dapat ditonton di CNN Indonesia TV. Live streaming juga tersedia di CNNIndonesia.com.

Debat cawapres berikutnya dijadwalkan pada Minggu, 21 Januari 2024, dengan tema pembangunan berkelanjutan, SDA, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Dengan agenda debat ini, KPU berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih luas kepada masyarakat tentang gagasan dan visi masing-masing cawapres dalam menghadapi isu penting nasional.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews