DKP Pekanbaru Luncurkan Gerakan Tanam Tanaman Pangan di Pekarangan Rumah

DKP Pekanbaru Luncurkan Gerakan Tanam Tanaman Pangan di Pekarangan Rumah

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru menginisiasi gerakan menanam tanaman pangan di pekarangan rumah. (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru menginisiasi gerakan menanam tanaman pangan di pekarangan rumah. Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Pekanbaru memanfaatkan lahan di sekitar rumah mereka untuk menanam tanaman seperti cabai, tomat, jahe, sayuran, dan serai.

Menurut Maisisco, Kepala DKP Kota Pekanbaru, gerakan ini dimulai dari staf dan pegawai DKP Pekanbaru, yang telah menerima bibit cabai untuk ditanam. 

Baca juga: Target KUR tercapai, Manajemen BRK Syariah Apresiasi Unit Kantor yang Memiliki Capaian Tertinggi

"Kita sudah memulainya dari staf dan pegawai DKP Pekanbaru. Kita juga sudah membagikan bibit cabai kepada seluruh pegawai dan staf agar ditanam," kata dia kepada wartawan, Jumat, 15 Desember 2023.

Menurut dia, pegawai dan staf DKP Kota Pekanbaru akan menjadi contoh untuk gerakan menanam cabai itu sendiri. Pegawai dan Staf DKP Kota Pekanbaru bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa menanam itu mudah dan bisa dilakukan dimana saja. 

Jadi, sebut dia lagi, walaupun hanya menggunakan lahan pekarangan, tetap bisa menanam cabai. Dengan demikian, diharapkan ke depan, masyarakat di Kota Pekanbaru bisa mengurangi ketergantungan terhadap pasokan cabai dari luar. 

Baca juga: BPBD Pekanbaru Siaga Hadapi Potensi Banjir Akibat Cuaca Ekstrem

"Kalau sudah tanam sendiri di rumah masing-masing, bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tanpa bergantung pasokan dari luar," jelas Maisisco. 

Bukan hanya sekadar menanam, Maisisco juga memberikan sugesti pada pegawai untuk berhasil menanam sampai panen.

''Jadi, targetnya bukan cuma tanam, tapi sampai panen. Dan untuk setiap pegawai yang berhasil panen, nantinya akan di posting di media sosial masing-masing. Nah, untuk hasil penanaman yang paling bagus, panennya bagus nantinya akan kita nilai dan akan diberikan hadiah menarik sebagai bentuk apresiasi,'' pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews