Ini Penyebab dan Kendala Perbaikan Pipa Bocor di Batam, Langsung dari Simpang Baloi

Ini Penyebab dan Kendala Perbaikan Pipa Bocor di Batam, Langsung dari Simpang Baloi

Direktur Operasional Air Batam Hilir, Jefri saat turun langsung ke lokasi perbaikan pipa yang rusak.

Batam, Batamnews – Pihak Air Batam Hilir menjelaskan kendala dalam perbaikan pipa bocor di Simpang Baloi. Jefri, selaku Direktur Operasional Air Batam Hilir, secara langsung terjun ke lapangan dan menguraikan sejumlah kendala yang dihadapi dalam upaya memperbaiki pipa di Simpang Baloi, Senin, 4 Desember 2023.

Menurut Jefri, kejadian ini bermula pada tanggal 30 November, pada hari Kamis, sekitar pukul 21.00 WIB, ketika hujan deras mengakibatkan terjadinya longsor. 

Longsoran ini menyebabkan benda berat yang berada di atasnya jatuh dan menimpa pipa Air Batam Hilir. Proses evakuasi benda tersebut baru selesai pada Jumat siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Baca juga: Delegasi Dewan Bandaraya Kuala Lumpur Malaysia Kunjungi Kota Batam

Namun, estimasi perbaikan awal yang hanya memperkirakan satu titik kebocoran ternyata menghadapi masalah lebih kompleks. Beberapa titik pergeseran pipa akibat terjatuhnya benda berat tersebut membuat perbaikan tidak dapat dilakukan secara manual. 

"Kami perlu melakukan penggantian pipa karena tidak memungkinkan untuk melakukan perbaikan seperti biasa," jelas Jefri.

Dia menambahkan bahwa kondisi tanah yang labil karena seringnya hujan juga menjadi masalah, menyebabkan pipa tersebut rentan bergeser. Untuk mengatasi ini, pasak-pasak harus dipasang terlebih dahulu agar pipa tidak terus bergeser. 

Masalah lainnya adalah keberadaan pipa gas yang sangat dekat dengan pipa air yang mengalami kebocoran, sehingga harus diantisipasi agar tidak terjadi gangguan pada pipa gas.

Baca juga: Krisis Air Bersih Berlanjut di Batam, Kini Giliran Pipa di Nongsa Bocor

"Kendala yang kami hadapi meliputi kondisi cuaca, kondisi tanah, serta keamanan aktivitas lain yang berdekatan dengan area perbaikan," ungkap Jefri.

Proses perbaikan yang kompleks ini memerlukan koordinasi dan tindakan hati-hati demi menjamin keberlangsungan operasional pipa air tersebut tanpa gangguan lebih lanjut. 

Air Batam Hilir terus berupaya untuk menyelesaikan perbaikan dengan mempertimbangkan semua faktor yang terlibat guna memastikan keamanan dan kualitas layanan air yang optimal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews