Jelajah Batam Beroda Dua, Jamselinas XII Pecahkan Rekor Partisipasi

Jelajah Batam Beroda Dua, Jamselinas XII Pecahkan Rekor Partisipasi

Muhammad Rudi saat melepas peserta Jamselinas XII di Kota Batam. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menjadi saksi kehadiran 2.500 pesepeda lipat dari berbagai penjuru Indonesia dan mancanegara dalam Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) XII, yang resmi dibuka oleh Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam sekaligus Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, pada Sabtu, 11 November 2023.

Rudi berharap Jamselinas dapat mempromosikan pariwisata dan potensi Batam ke tingkat internasional, sementara peserta dari Sabang hingga Merauke, termasuk yang terjauh dari Papua, akan menempuh rute sepanjang 31 kilometer yang dimulai dari Jalan Engku Putri di depan Kantor Wali Kota Batam hingga Nuvasa Bay.

Pelepasan peserta yang disertai semangat tinggi oleh Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina menandai dimulainya perjalanan seru pesepeda lipat di Kota Batam. Wali Kota juga memberikan pesan keamanan kepada peserta, mengingat beberapa jalan masih dalam tahap perbaikan.

Baca juga: Kepala BP Batam Sambut Ribuan Peserta Jamselinas se Tanah Air, Bekayuh Besame Tambah Sodare

"Harap berhati-hati saat melintas karena beberapa bagian jalan di Kota Batam masih dalam tahap penyelesaian, karena warga Batam sedang menikmati kebahagiaan memiliki jalan lima lajur ini," imbau Rudi.

Ia menyatakan bahwa Jamselinas XII bukan hanya ajang olahraga, tetapi juga peluang untuk memperkenalkan lebih luas tentang Kota Batam kepada peserta dari dalam dan luar negeri. Ia berharap dapat menarik perhatian untuk menyelenggarakan event internasional di Batam.

"Ini baru sepeda lipat, mudah-mudahan kita bisa menarik event internasional diselenggarakan di Batam," ujar Rudi.

Ketua Panitia Jamselinas XII, Indra Hariyanto, menyatakan kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari BP Batam dan Wali Kota, menjadikannya spesial. Ia juga mengungkapkan bahwa setelah Batam, kota berikutnya untuk menjadi tuan rumah Jamselinas ke-13 akan ditentukan setelah rapat panitia.

Baca juga: Menjemput Hari Raya Pesepeda Lipat Nasional  

Jamselinas XII di Batam berlangsung selama empat hari dengan berbagai agenda menarik, seperti welcome dinner, recover ride, dan city tour. Acara ini mendapat dukungan dari berbagai instansi pemerintah, termasuk Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta berbagai sponsor.

"Nanti akan dibidik, besok akan rapat semua ketua terkait kota selanjutnya, tadi ada beberapa kota diusulkan, ada Malang, terus Banjarmasin, mereka ingin memperkenalkan Banjar Baru, ibu kota baru (Kalimantan Selatan), pokoknya nanti dirapat, diputuskan, bisa tiba-tiba nanti Kota Bengkulu, atau kota mana, nanti panitia terutama dari pusat akan menentukan siapa pemenang untuk Jamselinas yang ke-13," jelas Indra.

Salah satu peserta, Ardo, menyatakan kebahagiannya bisa berpartisipasi dalam acara ini. Ia mengapresiasi keindahan Batam dan berharap Jamselinas dapat terus menjadi ajang silaturahmi positif antara komunitas pesepeda lipat di Indonesia dan mancanegara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews