INFOGRAFIS: Bank Indonesia Kepri Menggelar Pertemuan Tahunan KUPVA BB dan Layanan Remitansi untuk Mengawal Stabilitas Ekonomi dan Keamanan di Daerah

INFOGRAFIS: Bank Indonesia Kepri Menggelar Pertemuan Tahunan KUPVA BB dan Layanan Remitansi untuk Mengawal Stabilitas Ekonomi dan Keamanan di Daerah

Batam, Batamnews - Bank Indonesia Kepulauan Riau (BI Kepri) sukses menggelar Pertemuan Tahunan Koperasi Unit Pengelola Valuta Asing (KUPVA) dan Layanan Remitansi (LR) Tahun 2023 di Mariott Hotel, Kota Batam.

Acara ini melibatkan narasumber dari Kepolisian, PPATK, dan pihak terkait. Dalam upaya menjaga stabilitas ekonomi Kepulauan Riau, BI menekankan peran vitalnya dalam layanan remitansi untuk menciptakan lingkungan aman dan kondusif.

Kepala BI Kepri, Suryono, menyoroti pentingnya pengelolaan ketat terhadap layanan penukaran valuta asing bukan bank (KUPVA BB) dan layanan remitansi (LR) guna mencegah tindak kejahatan seperti pencucian uang, pendanaan teroris, dan politik uang. 

Meskipun menghadapi tantangan pengelolaan risiko yang besar, BI berupaya mitigasi risiko dengan kolaborasi bersama aparat keamanan, asosiasi, bea cukai, dan PPATK. Suryono menekankan pentingnya pengawasan terhadap setiap transaksi remitansi, terutama yang melibatkan jumlah besar.

BI telah melakukan analisis dan asesmen potensi ekonomi di Kepulauan Riau, dengan harapan langkah-langkah ini dapat meningkatkan pemahaman dan kepatuhan pelaku usaha terhadap peraturan yang ada serta memperkuat integritas sistem keuangan di daerah tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews