Singapura Luncurkan Koin Almanak Naga Tahun 2024, Seperti Apa Spesifikasinya?

Singapura Luncurkan Koin Almanak Naga Tahun 2024, Seperti Apa Spesifikasinya?

Koin Almanak Naga Tahun 2024 (Foto: MAS Singapura)

Singapura, Batamnews – Hari ini, 9 November 2023, Otoritas Moneter Singapura (MAS) mengumumkan peluncuran koin Almanak Naga Tahun 2024, edisi kedelapan dalam Seri Koin Almanak Tiongkok Keempat Singapura yang dimulai pada tahun 2017.

Koin ini menggambarkan sepuluh jenis naga yang terpampang di latar belakang Gardens by the Bay. Mulai dari 1 Januari 2024, koin-koin ini akan tersedia untuk dibeli oleh masyarakat. Bagian depan koin akan memuat Lambang Singapura dan tahun 2024.

Sebagai bagian dari rangkaian koin Almanak, rilisan terbaru ini menampilkan taman dan pemandangan alam Singapura. Edisi sebelumnya menampilkan tempat-tempat ikonik seperti Coney Island Park, Haw Par Villa, dan East Coast Park.

Baca juga: Mantan Menteri Termuda di Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman Dijatuhi Hukuman Penjara

MAS menyatakan bahwa koin-koin ini akan memiliki perbedaan dalam nilai nominal, komposisi logam, bentuk, dan efek relief pencetakan. Selain koin tunggal, akan tersedia juga set koin dengan kombinasi koin yang berbeda.

Di antara variasi yang ditawarkan termasuk koin seng berlapis nikel bulat dengan nilai nominal S$2 dan cetakan sebanyak 50.000. Terdapat pula koin perak berbentuk bunga berukuran 1 troy oz dengan gambar naga berwarna penuh, nilai nominal S$5, dan cetakan sebanyak 12.000. 

Koin emas juga akan tersedia dalam bentuk persegi panjang seberat 1 gram dengan nilai nominal S$5 dan cetakan sebanyak 3.000.

Baca juga: Fantastis Kerugian Negara Delapan Ratus Juta Lebih dari Rokok Ilegal, Berhasil Terungkap di Batam

Semua koin dan set koin akan disertai dengan sertifikat keaslian berseri, kecuali koin seng berlapis nikel senilai S$2. Pra-pemesanan koin ini sudah dapat dilakukan di Singapore Mint melalui situs web mereka mulai sekarang hingga 10 Desember. 

MAS juga menegaskan bahwa jika terjadi kelebihan permintaan, alokasi koin akan dilakukan melalui proses pemungutan suara. Diharapkan peluncuran koin Almanak Naga Tahun 2024 ini akan menjadi perhatian besar bagi para kolektor koin dan masyarakat Singapura pada umumnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang koin Almanak Naga Tahun 2024, masyarakat dapat mengunjungi situs web resmi MAS atau Singapore Mint.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews