15 Unit Bus Rapid Transit Segera Mengaspal di Batam

15 Unit Bus Rapid Transit Segera Mengaspal di Batam

Salah satu jenis bus rapid transit. (Foto: Google)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bus rapid transit bakal mengaspal di Batam, Kepulauan Riau. Ada sekitar 15 unit bus rapid transit yang akan diserahkan Kementerian Perhubungan untuk Batam.

Batam memang minim moda transportasi umum. "Ada bantuan 15 unit bus dari Kementerian Perhubungan, hari ini serah terima di Jakarta," kata Wakil Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam beberapa hari lalu.

Bus itu akan dioperasikan untuk melayani publik secara umum, bukan hanya untuk pelajar atau pekerja.

Sebanyak 15 unit bus itu akan digunakan untuk melayani koridor baru. Namun ia belum memastikan rute koridor bus trans rapid yang baru.

Saat ini Batam baru memiliki lima rute di antaranya Batam Center-Sekupang, Sekupang-Jodoh, Batam Center-Batuaji dan Tanjunguncang-Muka Kuning dan Sekupang-Nagoya.

Pemerintah berencana untuk menambah koridor sehingga menjadi sembilan, dengan rute ke seluruh penjuru pulau utama.

Kepala Dinas Perhubungan Zulhendri mengatakan pemerintah pusat akan terus menambah jumlah bus di Batam.

"Batam mendapatkan 60 unit bus selama lima tahun, ini akan cukup menutupi kebutuhan transportasi di Batam yang selama ini masih kurang," kata dia.

Selain Batam, Kementerian Perhubungan juga menyerahkan sebanyak 1.240 bus ke sejumlah pemerintah daerah dan dua Badan Usaha Milik negara (BUMN) bidang transportasi, yakni Perum Damri dan Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD).

Di Jakarta, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan program pengadan bus merupakan perwujudan dari Nawacita bahwa negara wajib memberikan sarana transportasi yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

"Negara wajib hadir dalam hal ini karena bukan hanya berkewajiban memberikan rasa aman, tetapi menyediakan untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat," ujarnya.

sumber: antara

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews