AJI Tanjungpinang bersama Kampus UMRAH Gelar Pelatihan Cek Fakta Anti Hoaks

AJI Tanjungpinang bersama Kampus UMRAH Gelar Pelatihan Cek Fakta Anti Hoaks

Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang antusias mengikuti pelatihan cek fakta anti hoaks yang dilaksanakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang pada Senin (10/10/2023).

Tanjungpinang, Batamnews - Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang antusias mengikuti pelatihan cek fakta anti hoaks yang dilaksanakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang pada Senin (10/10/2023).

Pelatihan ini mengundang dua trainer bersertifikasi dari AJI Indonesia dan Google News Initiative, yaitu Yose Hendra dan Yogi Eka Sahputra. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, yakni 9-10 Oktober 2023, di Gedung Tanjak Kampus Umrah Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang.

Pada hari pertama, mahasiswa sangat aktif dalam mengikuti pelatihan ini. Mereka diberikan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan informasi hoaks dan juga diajak untuk melakukan cek fakta terhadap sebuah informasi.

Baca juga: 27 Jurnalis Anggota AJI Peserta UKJ Angkatan 90 Tanjungpinang Dinyatakan Kompeten

Yose Hendra mengatakan, mahasiswa diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam menangkal berita bohong atau hoaks yang tersebar ditengah masyarakat. "Tentu ini penting untuk mahasiswa," kata Yose yang bekerja sebagai Pimpinan Redaksi Langgam.id saat memulai materinya.

Yose Hendra memaparkan berbagai penyebab munculnya hoaks di tanah air ini. Mulai dari defisit data atau informasi yang tersebar sangat banyak, hingga penyebab lainnya.

Begitu juga yang disampaikan Yogi Eka Sahputra, kontributor Tempo dan Mongabay Indonesia di Kepri ini memaparkan cara menyaring informasi agar mahasiswa tidak ikut menyebarkan hoaks.

"Mahasiswa yang ikut pelatihan ini, ke depan menggunakan prinsip saring sebelum sharing, terutama mahasiswa harus menjadi penangkal hoaks dilingkungan sekitar, baik itu dilingkungan keluarga ataupun kampus," kata Yogi.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, AJI Berikan Fasilitas UKJ Gratis untuk Anggota

Ketua AJI Tanjungpinang, Jalani sangat mengapresiasi terjalinnya kerjasama yang baik antara AJI Tanjungpinang dan pihak kampus Umrah. Ia berharap kerjasama-kerjasama seperti ini terus berlanjut kedepannya.

"Kita tahu mahasiswa adalah agen of change, jadi sangat penting memahami pengetahuan seperti ini, semoga pelatihan ini berjalan dengan lancar," kata Jay.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Ahada Wahyusari mengucapkan terimakasih kepada kedua trainer AJI dan Google yang telah membuka pikiran mahasiswa.

"Selamat juga kepada mahasiswa yang terpilih ikut pelatihan ini, akhirnya bisa membuka pikiran kawan-kawan, bisa dapat ilmu banyak dari acara ini," katanya

Ia menegaskan, mahasiswa tidak harus kuliah pulang, tetapi juga ikut dalam kegiatan seperti pelatihan-pelatihan seperti dua hari ini.

"Kita juga ada jurusan jurnalistik, semoga bisa melahirkan jurnalis nantinya dari kampus ini," kata Ahada.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews