Pengurus Pusat Rumpun Melanesia Bersatu Kepri Resmi Dilantik di Batam

Pengurus Pusat Rumpun Melanesia Bersatu Kepri Resmi Dilantik di Batam

Pengurus Pusat Rumpun Melanesia Bersatu (RMB) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk periode 2023-2028 telah resmi dilantik. Acara pelantikan berlangsung meriah di Ballroom Hotel Pacific Palace Batam pada hari Minggu (8/10/2023).

Batam, Batamnews - Pengurus Pusat Rumpun Melanesia Bersatu (RMB) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk periode 2023-2028 telah resmi dilantik. Acara pelantikan berlangsung meriah di Ballroom Hotel Pacific Palace Batam pada hari Minggu (8/10/2023) pukul 14.00 WIB.

RMB merupakan organisasi yang menghimpun orang-orang dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan Papua yang berdomisili di Provinsi Kepri.

Upacara pelantikan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, tokoh pluralis daerah Kepri Soerya Respationo, serta tokoh agama dan adat, beserta rombongan mereka. Saat memasuki ruangan, mereka disambut dengan pengalungan dan tarian adat khas Maluku.

Baca juga: Puluhan Ribuan Kupon Doorprize Ludes dalam Karimun Fun Walk 2023

Menurut laporan Ketua Panitia, Frans J Pattikawa, acara pelantikan dihadiri oleh sekitar dua ribu undangan.

Di dalam ruangan pelantikan, para tamu undangan disuguhi penampilan musik merdu oleh artis asal Maluku, Mitha Talahatu. Selain itu, panitia juga mempersembahkan tarian sekapur sirih dari Papua dan tarian adat dari NTT.

Puncak acara pelantikan terjadi pukul 15.35 WIB ketika Gubernur Kepri Ansar Ahmad, bertanya kepada pengurus baru tentang kesediaan mereka untuk segera dilantik. Setelah pengurus menyatakan kesiapannya, Gubernur Kepri membacakan naskah pelantikan, dilanjutkan dengan penyerahan bendera RMB kepada pengurus baru secara resmi dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Baca juga: Menyaksikan Keindahan Senja dan Siluet Negeri Singapura di Tanjung Riau

 

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Ia menyebutkan bahwa RMB akan memainkan peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau.

"Rumpun Melanesia Bersatu (RMB) ini hadir secara kompak dan ramai hari ini. Ini akan menjadi kekuatan penting di Kepri dalam mendukung percepatan pembangunan," kata Ansar Ahmad di depan ribuan undangan.

Ia juga mengajak semua undangan untuk selalu bersyukur karena tinggal di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki peran strategis menurut takdir Tuhan.

Sekretaris terpilih RMB, Atanasius, menjelaskan bahwa tujuan dibentuknya RMB adalah untuk menjadi wadah bagi masyarakat NTT, Maluku, dan Papua di Kepri. Pengurus RMB yang dilantik saat ini akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau.

"Atas nama RMB, kita akan melantik RMB Cabang Kota Tanjung Pinang dalam waktu dekat. Sementara itu, untuk Kabupaten lain seperti Karimun dan Bintan, masih dalam proses penjajakan," ujar Atanasius.

Atanasius juga menekankan komitmen RMB untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat NTT, Maluku, dan Papua di Kepri melalui berbagai kegiatan sosial dan dukungan dalam berbagai acara keagamaan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua terpilih RMB, Sofyan Abdillah Lamanepa, yang menyatakan bahwa RMB selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam mendukung pembangunan di Kepri.

"Kita siap bekerja sama dengan siapa saja demi pembangunan Kepri ini," kata Sofyan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews