Inovasi RSBP: Tebus Obat Tanpa Antri dengan GrabExpress

Inovasi RSBP: Tebus Obat Tanpa Antri dengan GrabExpress

Rumah Sakit BP Batam (RSBP) melakukan inovasi dengan melakukan kerjasama grabekspres dalam mengambil obat tanpa antri (bp batam)

Batam, Batamnews - Rumah Sakit BP Batam (RSBP) selalu berupaya menghadirkan inovasi untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Saat ini, masyarakat tidak lagi perlu mengantri dan menunggu lama untuk mengambil obat di rumah sakit.

Melalui kerjasama dengan Grab, RSBP Batam meluncurkan program baru yang diberi nama "Yuk Kirim Obat Pake GrabExpress," pada hari Kamis (31/8/2023).

Peluncuran ini berlangsung di ruang instalasi farmasi gedung A RSBP Batam, diawali dengan pemotongan pita oleh Direktur Badan Usaha RSBP Batam, dr. Afdhalun A. Hakim, Sp.JP(K), FIHA, FasCC, bersama dengan Grab Bisnis Development Lead Emerging Sumatera, Muhammad Zaki Nasution.

Baca juga: BP Batam Bekerja Sama dengan BNN Kepri Gelar Forum Dialog dan Penyuluhan Bahaya Narkoba

Dalam sambutannya, Afdhalun menyatakan bahwa RSBP Batam berkomitmen untuk terus memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan di rumah sakit.

"Kami terus meningkatkan pelayanan, selalu berusaha memperbaiki apa yang masih kurang. Alhamdulillah, dalam 3 tahun terakhir, RSBP mendapatkan nilai kepuasan masyarakat tertinggi dalam survei yang dilakukan oleh BP Batam," ujar Afdhalun, yang juga merupakan seorang spesialis jantung dan pembuluh darah.

"Tujuan BP Batam tak lain adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus mendengar masukan dan saran dari masyarakat, agar kami bisa terus memperbaiki layanan dengan inovasi. Hal ini sejalan dengan harapan Kepala BP Batam, Bapak Muhammad Rudi," tambah Afdhalun.

Baca juga: BU SPAM BP Batam Bertindak Cepat Perbaiki Pipa Bocor di Wilayah Central Sukajadi

Dengan program GrabExpress RSBP, masyarakat, baik yang umum maupun yang memiliki BPJS, tidak perlu lagi antri dan menunggu lama saat mengambil obat di poliklinik.

Dengan tarif yang terjangkau, masyarakat kini dapat lebih mudah dalam mengakses layanan. Obat dapat diantar langsung ke rumah tanpa harus antri atau menunggu lama.

"Opsi ini adalah alternatif, bukan suatu keharusan. Artinya, masyarakat bebas memilih. Bagi yang ingin cepat pulang, dapat memilih menggunakan GrabExpress, di mana obat akan diantarkan ke rumah seperti layanan pesan makanan. 

Pilihan GrabExpress memberikan opsi yang efisien dengan pengantaran yang lebih mudah, cepat, ringkas, dan praktis," ungkapnya.

Baca juga: Walau Ada Penolakan, BP Batam Tetap Lanjutkan Relokasi Warga Pulau Rempang: Rumah Type 45 dan Lahan 500 Meter Disiapkan

Sebelumnya, masyarakat seringkali harus mengantri dalam waktu yang cukup lama untuk mendapatkan obat, terutama pada jam-jam sibuk dengan jumlah pasien yang tinggi di poliklinik.

"Selain itu, program ini juga dapat mengurangi kerumunan di antrian obat. Semoga inovasi ini dapat membantu masyarakat. Dan yang patut dicatat, ini merupakan inovasi pertama di Kepulauan Riau," tutup Afdhalun.

Berikut adalah langkah-langkah pemesanan obat melalui GrabExpress:

1. Pasien datang untuk berobat di Poli dan berkonsultasi dengan dokter.
2. Dokter memberikan resep dan pasien memberikan resep kepada petugas Booth Grab di RSBP.
3. Pasien mengisi formulir data dan alamat pengantaran.
4. Pasien melakukan pembayaran biaya pengiriman melalui OVO atau tunai.
5. Resep diserahkan kepada petugas Grab di apotek untuk diproses.
6. Apoteker memproses resep yang diterima dari Grab.
7. Obat diserahkan oleh apoteker kepada petugas Grab.
8. Driver Grab tiba di RSBP Batam untuk mengambil obat dari Booth Grab yang diverifikasi oleh apoteker.
9. Driver melakukan konfirmasi pemesanan atas nama pasien dan alamat pengantaran

10.Driver Grab mengantarkan obat ke alamat tujuan.
12.Obat tiba di alamat tujuan dan diterima oleh pasien.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews