Sektor Industri Mesin dan Elektronik Terus Mendominasi Investasi Asing di Batam

Sektor Industri Mesin dan Elektronik Terus Mendominasi Investasi Asing di Batam

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait

Batam, Batamnews - Investasi Asing di Kota Batam mengalami peningkatan yang signifikan selama Semester I (Januari-Juni) 2023. 

BP Batam melaporkan bahwa nilai Penanaman Modal Asing (PMA) mengalami kenaikan sebesar 1,56 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada sisi lain, perubahan dalam proyek PMA juga menunjukkan pertumbuhan yang drastis selama Semester I 2023, mencapai 142,39 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Muhammad Rudi, Kepala BP Batam, melalui Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol, Ariastuty Sirait, mengungkapkan bahwa sektor industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, presisi, optik, dan jam masih menjadi sektor dominan dalam realisasi investasi PMA di Kota Batam selama Semester I 2023. Total terdapat 246 proyek di sektor ini dengan nilai investasi mencapai USD 157,5 juta.

Baca juga: Kepala BP Batam Ungkap Langkah-Langkah Pengembangan Pulau Rempang ke Menko Perekonomian

Selanjutnya, sektor industri makanan menduduki peringkat berikutnya dengan 92 proyek dan nilai investasi sebesar USD 47,9 juta. Sementara itu, sektor jasa lainnya memiliki 194 proyek dengan nilai investasi mencapai USD 24,4 juta.

Ariastuty menyatakan optimisme bahwa nilai investasi asing di Kota Batam akan terus meningkat hingga akhir tahun. 

Hal ini didukung oleh sejumlah proyek besar yang dijadwalkan akan segera dimulai. BP Batam berkomitmen untuk memudahkan proses perizinan dan meningkatkan kualitas layanan kepada para investor, sesuai arahan dari Kepala BP Batam.

Tuty juga menjelaskan bahwa BP Batam terus berupaya menjadikan Batam sebagai destinasi unggulan bagi investasi. 

Baca juga: INFOGRAFIS: Relokasi Rempang ke Galang

Hal ini dibuktikan dengan kepercayaan negara-negara besar, seperti Singapura yang telah melakukan investasi PMA sebesar USD 225,4 juta dengan jumlah 901 proyek selama Semester I 2023. 

Selain itu, negara lain seperti Perancis juga berkontribusi dengan nilai PMA sebesar USD 34,37 juta, serta Hongkong dengan capaian PMA sebesar USD 34,21 juta.

BP Batam berkomitmen untuk terus memajukan Batam sebagai daerah yang menarik bagi para investor, mengingat lokasinya yang sangat strategis. Kepala BP Batam juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kondusif agar investasi terus meningkat dan pertumbuhan ekonomi dapat berkembang secara berkelanjutan.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews