Peringatan BMKG: Gelombang Laut Berpotensi Tinggi di Perairan Bintan dan Lingga

Peringatan BMKG: Gelombang Laut Berpotensi Tinggi di Perairan Bintan dan Lingga

Cuaca perairan Batam hari ini, Jumat (1/9/2023) (ilustrasi/foto dR)

Batam, Batamnews - Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk perairan sekitar Batam pada hari ini. 

Prakiraan cuaca ini berlaku mulai Jumat (1/9/2023) dari pukul 07:00 WIB sampai pukul 19:00 WIB. Peringatan khusus diberikan mengenai ketinggian gelombang laut yang dapat memengaruhi wilayah-wilayah tertentu.

BMKG memberikan peringatan kepada warga yang beraktivitas di perairan Bintan dan Lingga untuk waspada terhadap gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1.5 meter. 

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Batam Hari Ini: Cuaca Cerah dengan Suhu Tinggi 33°C

Sementara itu, wilayah perairan Utara Bangka juga diimbau untuk mengantisipasi gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2.0 meter. 

Peringatan ini penting agar aktivitas di perairan berjalan dengan aman dan terhindar dari potensi risiko akibat gelombang tinggi.

Selain itu, BMKG juga memberikan informasi mengenai kondisi sinoptik di wilayah tersebut. Kelembapan udara di lapisan atas cenderung rendah, yang berarti kondisi kurang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. 

Baca juga: Proyek Pengembangan Pulau Rempang Terdaftar dalam Program Strategis Nasional

Hal ini mengindikasikan bahwa peluang hujan di perairan Batam pada hari ini kemungkinan akan lebih rendah.

Prakiraan cuaca untuk area pelayanan mencatat kondisi cuaca sebagai berawan. Kecepatan angin diperkirakan antara 5 hingga 15 knots, bertiup dari arah tenggara ke selatan. Adapun ketinggian gelombang laut diperkirakan rendah, berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter.

Warga yang berencana untuk melaut di wilayah ini diimbau untuk memperhatikan peringatan dan informasi prakiraan cuaca yang telah diberikan oleh BMKG. Kesiapan dan keselamatan dalam beraktivitas di perairan menjadi prioritas utama mengingat adanya potensi gelombang tinggi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews