Duet Wahyu Dhyatmika dan Maryadi Terpilih Pimpin AMSI 2023-2027

Duet Wahyu Dhyatmika dan Maryadi Terpilih Pimpin AMSI 2023-2027

Wahyu Dhyatmika (CEO Tempo Digital) dan Maryadi (Direktur Bisnis dan Digital Katadata) resmi terpilih secara aklamasi untuk memimpin Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) periode 2023-2027 (ist)

Bandung, Batamnews - Dalam kongres III yang diadakan di Hotel El Royale, Bandung pada tanggal 24 Agustus 2023, Wahyu Dhyatmika (CEO Tempo Digital) dan Maryadi (Direktur Bisnis dan Digital Katadata) resmi terpilih secara aklamasi untuk memimpin Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) periode 2023-2027.

Ketua AMSI Wilayah DKI Jakarta, Eric Somba, menyampaikan dukungan penuh bagi duet Wahyu Dhyatmika dan Maryadi sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AMSI. 

“Mewakili suara anggota wilayah DKI Jakarta, kami mengajukan Bli Komang dan Maryadi untuk ditetapkan secara aklamasi menjadi Ketua Umum dan Sekjen AMSI,” ujar Ketua AMSI Wilayah DKI Jakarta, Eric Somba yang langsung disambut gegap gempita peserta kongres dengan terikan setuju. 

Baca juga: SFA Tidak Larang Produk Laut Jepang Masuk Singapura Setelah Pelepasan Air Radioaktif Fukushima

Dalam pengambilan suara, Upi Asmaradhana selaku Ketua Sidang Pleno Pemilihan Pengurus AMSI, mengumumkan hasil aklamasi dan mendeklarasikan Wahyu Dhyatmika dan Maryadi sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AMSI periode 2023-2027 pada pukul 21.46 WIB.

Menurut perubahan Anggaran Dasar baru, Wahyu Dhyatmika dan Maryadi akan memimpin AMSI selama empat tahun ke depan, menggantikan masa jabatan sebelumnya yang tiga tahun.

Dalam sambutan awalnya, Wahyu Dhyatmika mengakui pencapaian kakak sejawat sebelumnya dalam membangun dasar-dasar kuat untuk AMSI. Ia menegaskan pentingnya melanjutkan visi dan misi AMSI dalam menciptakan ekosistem media siber yang sehat dan berkualitas.

Baca juga: Rahasia Umur Panjang Warga China: 5 Kebiasaan Sehat Mereka untuk Hidup Lebih Lama

"Visi yang sudah didefinisikan sejak AMSI berdiri masih perlu diwujudkan sepenuhnya. Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Melalui kongres ini, kita telah sepakat pada langkah-langkah perbaikan yang harus diambil, dan ini hanya akan berhasil jika kita semua bekerja bersama," ungkap Wahyu, yang biasa disapa Bli Komang.

AMSI, yang saat ini memiliki 456 media anggota dari 27 wilayah di Indonesia, bertujuan untuk mengembangkan media siber yang bertanggung jawab, berintegritas, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. 

Rekomendasi kongres ini juga menggarisbawahi komitmen AMSI untuk mendorong jurnalisme berkualitas dan melindungi industri media siber dari dampak negatif teknologi digital.

Sekretaris Jenderal terpilih, Maryadi, menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan padanya. Ia menyoroti pentingnya soliditas anggota AMSI sejak awal pembentukan organisasi. 

Baca juga: Kalahkan Tuan Rumah Thailand di Semifinal Piala AFF U-23, Pelatih Shin Tae-yong Ungkap Kunci Sukses

"Meskipun perbedaan pendapat pasti ada, kami selalu menemukan solusi. Banyak perbedaan telah diselesaikan dalam AD/ART yang direvisi dalam kongres ini."

Anggota Dewan Pers, Sapto Anggoro, yang diundang sebagai peninjau kongres, menyambut positif terpilihnya Wahyu Dhyatmika dan Maryadi. 

"Kemampuan jaringan internasional Komang dan jaringan lokal serta bisnis Maryadi akan membawa AMSI semakin maju, bahkan di tingkat internasional. Selamat karena Anda telah memilih individu yang berkualitas untuk memajukan media siber Indonesia," ujarnya.

Selain pemilihan kepemimpinan, kongres ini juga menghasilkan sejumlah rekomendasi dan keputusan penting, termasuk perubahan Anggaran Dasar AMSI yang menegaskan identitas organisasi sebagai asosiasi perusahaan media siber dan bukan organisasi profesi. 

AMSI juga menetapkan panduan bisnis dan etika bisnis, serta prinsip penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk jurnalisme dan media siber di Indonesia.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews