Jenazah Mahasiswa Meninggal di Rusia Dipulangkan ke Kampung Halaman Setelah Hampir Sepuluh Hari Lebih

Jenazah Mahasiswa Meninggal di Rusia Dipulangkan ke Kampung Halaman Setelah Hampir Sepuluh Hari Lebih

Jenazah Mahasiswa asal Maluku tiba di kampung halaman diantar oleh Pemprov Maluku

Maluku, Batamnews - Pemerintah Provinsi Maluku telah berhasil memulangkan jenazah Jamaludin Maulana Rolobessy, seorang mahasiswa asal Desa Tial, Kabupaten Maluku Tengah, yang meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Volga, Rusia. Proses pemulangan tersebut dilakukan melalui kerjasama antara Pemerintah Provinsi Maluku dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow.

Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Zulkarnaini, mengatakan bahwa jenazah Jamaludin Maulana Rolobessy dinyatakan meninggal dunia pada Senin, 26 Juni 2023, akibat tenggelam di Sungai Volga, Kota Volgograd, yang berjarak sekitar 970 kilometer dari Moskow. Almarhum merupakan mahasiswa Program Sarjana (S1) Hubungan Internasional di Volgograd State.

Baca juga : Mantan Bintang Manchester United dan Ajax, Edwin van der Sar, Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Pendarahan Otak

Pemerintah Provinsi Maluku dengan cepat mengambil langkah untuk memulangkan jenazah almarhum setelah melalui proses administrasi dan teknis yang diperlukan melalui KBRI di Moskow. Jenazah Jamaludin Maulana Rolobessy tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis, 6 Juli 2023, dan dilakukan serah terima dari pihak Kementerian Luar Negeri kepada Pemerintah Provinsi Maluku yang diwakili oleh Kepala Badan Penghubung Provinsi Maluku, Saiful Indra Patta. Pada Jumat, 7 Juli 2023, jenazah diberangkatkan dari Jakarta menuju Ambon.

Pemerintah Provinsi Maluku bertanggung jawab atas biaya pemulangan jenazah serta biaya tiket dua orang keluarga yang menjadi pendamping almarhum dalam perjalanan ke Ambon. Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Zulkarnaini, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, mengucapkan turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya salah satu putra terbaik Maluku yang sedang berkuliah di Rusia tersebut. Ia juga menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga untuk segera dimakamkan.

Baca juga : Rumah Panggung Dikepung Polisi, 9 Pelaku Pengguna Sabu dan Ekstasi Ditangkap di Rohil

Kasatpol PP Maluku, Mohd. Djafar Polpoke, yang bertanggung jawab dalam penjemputan dan penyerahan jenazah, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri RI dan Pemerintah Provinsi Maluku atas bantuan dan kerjasama dalam pemulangan jenazah almarhum.

Pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri RI dan Pemerintah Provinsi Maluku atas bantuan dalam memulangkan jenazah. Mereka juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail, yang telah membantu dalam memfasilitasi pemulangan jenazah almarhum.

Jenazah Jamaludin Maulana Rolobessy akan segera dimakamkan di Negeri (Desa) Tial, Kabupaten Maluku Tengah, dengan didampingi oleh keluarga dan kerabat yang turut berduka atas kepergian almarhum.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews