Menjelajahi Keindahan dan Potensi: 12 Kota Terluas di Indonesia, Termasuk Kota Batam

Menjelajahi Keindahan dan Potensi: 12 Kota Terluas di Indonesia, Termasuk Kota Batam

Jembatan Barelang menjadi ikon wisata Kota Batam yang masuk sebagai salah satu kota terluas di Indonesia (foto denni risman)

Batam, Batamnews - Indonesia, sebagai negara dengan wilayah yang luas dari Sabang hingga Merauke, memiliki banyak kota yang tersebar di berbagai provinsi. 

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 menyebutkan ada 98 kota di Indonesia.  Dari 98 kota yang ada, beberapa di antaranya memiliki cakupan wilayah yang sangat luas, menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, potensi pariwisata, dan sumber daya alam. 

Baca  Wanita di Karimun Menjadi Korban Jambret, Berhasil Mengejar Pelaku

Berikut adalah 12 kota di Indonesia dengan wilayah terluas yang menawarkan keindahan alam dan beragam potensi:

1. Palangkaraya:

Kota Palangkaraya berada di Provinsi Kalimantan Tengah dan merupakan kota dengan wilayah terluas di Indonesia. Palangkaraya memiliki luas wilayah mencapai 2.853 km persegi. Topografi kota ini terdiri dari tanah datar dan berbukit dengan kemiringan kurang dari 40%. Palangkaraya juga merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

2. Kota Dumai:

Terletak di Provinsi Riau, Kota Dumai memiliki luas wilayah mencapai 1.727 km persegi. Kota Dumai berada di pesisir Pantai Timur Sumatera menghadap ke arah Selat Malaka. Kota ini merupakan salah satu lintas pelayaran tersibuk di dunia dan merupakan wilayah hinterland dalam kawasan segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT).

3. Tidore:

Kota Tidore berada di Provinsi Maluku Utara dan memiliki luas wilayah mencapai 1.550 km persegi, menjadikannya kota terluas ketiga di Indonesia. Nama kota ini sudah terkenal sejak zaman penjajahan berkat cengkeh dan pala. Kota Tidore sempat menjadi ibu kota provinsi perjuangan Irian Barat.

Baca juga: Berbekal Pengalaman Sebelumnya, Haris Daulay Pastikan Pemilu di Bintan Berjalan Lancar

4. Batam:

Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau dengan luas wilayah daratan mencapai 715 km persegi. Total luas wilayah keseluruhan mencapai 1.575 km persegi, yang terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang, serta pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

5. Padang:

Padang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat dan memiliki luas wilayah administrasi mencapai 1.414 km persegi. Selain wilayah daratan, Kota Padang juga memiliki wilayah perairan yang dihiasi oleh 19 pulau kecil.

6.  Subulussalam:

Terletak di Provinsi Aceh, Subulussalam memiliki luas wilayah mencapai 1.391 km persegi. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya, terutama taman nasionalnya yang memiliki banyak jenis flora dan fauna langka.

Baca juga: Dua Pelaku TPPO Pura-pura Menjadi PMI, Ditangkap di Sungai Sanggul Rokan Hilir

7. Sorong: 

Kota Sorong berada di Provinsi Papua Barat dan memiliki luas wilayah 1.105 km persegi. Kota ini terbagi menjadi 10 distrik dan 41 kelurahan. Sorong dikenal dengan sebutan "soren," yang berarti laut yang terdalam dan bergelombang dalam bahasa Biak Numfor. Sorong menjadi kota otonom pada tahun 1996 setelah sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Sorong.

8. Jayapura: 

Kota Jayapura adalah ibu kota Provinsi Papua dengan luas wilayah sekitar 940 km persegi. Kota ini terbagi menjadi lima distrik. Jayapura terletak di Teluk Youtefa dan dikelilingi oleh pegunungan dan hutan tropis yang indah. Kota ini memiliki keanekaragaman budaya dan sumber daya alam yang melimpah.

9. Samarinda: 

Kota Samarinda merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur dengan luas wilayah sekitar 718 km persegi. Kota ini terdiri dari sepuluh kecamatan. Samarinda terletak di tepian Sungai Mahakam dan memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, terutama batu bara. Kota ini juga dikenal dengan julukan "Kota Tepian" karena berada di tepi sungai yang membelah kota.

Baca juga: Senin Dinihari, Lampung Digetarkan Gempa Berkekuatan 3,2 Magnitudo

10.  Pagar Alam: 

Kota Pagar Alam terletak di Provinsi Sumatera Selatan dengan luas wilayah sekitar 633 km persegi. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan memiliki pemandangan alam yang indah. Pagar Alam terkenal dengan keindahan danau dan air terjunnya.

11. Pekanbaru:

Pekanbaru adalah Ibu Kota Provinsi Riau dan memiliki luas wilayah administrasi mencapai 633,7 km persegi. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Taman Kota Wisata Alam Mayang Mangurai yang memiliki berbagai macam flora dan fauna.

12. Singkawang:

Kota Singkawang berlokasi di Provinsi Kalimantan Barat dengan luas wilayah 504 km persegi. Kota ini terdiri dari lima kecamatan. Singkawang terkenal dengan keberagaman budaya dan etnisnya, terutama dari komunitas Tionghoa. Kota ini juga terkenal dengan tradisi Cap Go Meh yang meriah setiap tahunnya.

Baca juga: Investasi Besar di Batam: Data Center Terbesar di Dunia Senilai Rp4 Triliun Dibangun di Nongsa

Ke-12 kota tersebut menawarkan potensi dan keindahan alam yang beragam, serta memiliki peran penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Dengan luas wilayah yang besar, mereka memiliki peluang untuk mengembangkan sektor pariwisata, pertanian, perikanan, dan industri lainnya. 

Selain itu, keberagaman budaya dan warisan sejarah di kota-kota ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews