Begini Kronologi Tragis: Mahasiswa Asal Maluku Meninggal Akibat Tenggelam di Sungai Volga, Rusia

Begini Kronologi Tragis: Mahasiswa Asal Maluku Meninggal Akibat Tenggelam di Sungai Volga, Rusia

Sungai Voga di Rusia (Foto: Dok Pribadi)

Maluku, Batamnews - Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional asal Maluku, Jamaludin Maulana Rolobessy, ditemukan meninggal akibat tenggelam di Sungai Volga, yang terletak sekitar 970 km dari Moskow, Rusia. Peristiwa ini telah menimbulkan duka cita mendalam di kalangan keluarga, teman-teman, dan pihak terkait.

Pemerintah Provinsi Maluku, melalui Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Jamaludin. Pemprov Maluku berjanji untuk berkoordinasi dengan KBRI di Moskow guna memulangkan jenazah Jamaludin ke Tanah Air. Sadali mengungkapkan bahwa langkah koordinasi dengan KBRI telah diambil atas perintah Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Baca juga : Hasil Lengkap OCBC National Championships 2023: Daftar Juara Balap Sepeda di Bintan, Kepri

Jamaludin, yang merupakan mahasiswa S1 Hubungan Internasional di Volgograd State, adalah anak dari pasangan Hairun Nasir dan Nurhidaya Tehumatena, yang berasal dari Desa Tial, Kabupaten Maluku Tengah. Murad Ismail, atas nama pribadi dan Pemprov Maluku, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan berdoa semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT.

KBRI Moskow, melalui Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler, Fattah Hardiwinangun, juga mengungkapkan duka cita atas peristiwa tersebut. Menurut keterangan KBRI Moskow, Jamaludin tenggelam pada hari Senin, tanggal 26 Juni 2023, sekitar pukul 15:30 waktu Moskow atau 19:30 WIB. Laporan diterima dari perwakilan mahasiswa Indonesia di Kota Volgograd bahwa Jamaludin ditemukan tenggelam di Sungai Volga, Kota Volgograd.

Baca juga : Event Perdana OCBC National Championships - Singapore: 139 Pembalap Sepeda Internasional Berlaga di Bintan

Setelah menerima laporan, para mahasiswa segera melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian setempat, yang kemudian melakukan pencarian. Pada pukul 16:49 waktu setempat, KBRI Moskow menerima informasi bahwa polisi telah menemukan jenazah Jamaludin dalam keadaan meninggal dunia.

KBRI Moskow segera berkomunikasi dengan pihak kepolisian Volgograd dan Volgograd State University, serta berusaha menghubungi keluarga melalui nomor telepon yang tercantum pada Data Lapor Diri almarhum dan nomor yang disampaikan oleh teman-teman mahasiswa. Namun, upaya tersebut tidak berhasil tersambung.

Pada hari Selasa, tanggal 27 Juni 2023, KBRI berhasil menghubungi keluarga, yaitu ayah korban Hairun Nasir dan paman Yores, untuk komunikasi lebih lanjut dengan KBRI Moskow. Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan investigasi, dan KBRI Moskow sedang menunggu hasil resmi dari proses penyelidikan.

Sungai Volga, yang terletak di kota Volgograd, merupakan sungai terpanjang di Eropa dan salah satu saluran air terpenting di Rusia. Sungai Volga memperoleh pasokan air dari salju, hujan, dan air tanah. Meskipun berada pada musim panas di Rusia, suhu air di sungai ini tetap dingin. Sungai ini juga memiliki sejarah penting sebagai lokasi pertempuran antara Jerman dan Rusia selama Perang Dunia II di Stalingrad, yang saat ini dikenal sebagai Volgograd.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews