Gempa Terkini di Jogja: Getaran Keras dan Lama, Tanpa Kerusakan Signifikan

Gempa Terkini di Jogja: Getaran Keras dan Lama, Tanpa Kerusakan Signifikan

Jogjakarta, batamnews - Jogja dan sekitarnya diguncang oleh gempa bumi yang terasa keras dan berlangsung lumayan lama pada Jumat (30/6/2023) malam sekitar pukul 19.59 WIB. Meskipun kaca-kaca dan tembok bergetar hebat, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang signifikan.

Berdasarkan informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), titik gempa tersebut berada di Bantul dengan kekuatan magnitudo 6,4 MG.

Melalui akun Twitter resminya, BMKG menyampaikan keterangan tentang gempa ini. "Mag:6.4, 30-Jun-23 19:57:43 WIB, Lok:8.63 LS,110.08 BT (86 km BaratDaya BANTUL-DIY), Kedlmn:25 Km, tdk berpotensi tsunami," demikian bunyi keterangan yang diposting oleh BMKG pada Jumat (30/6/2023).

Baca juga : Tragedi Maut: Remaja Tewas dalam Konten Adang Truk di Tangerang, Banten

Getaran gempa terasa cukup kuat dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Di pusat Kota Jogja, seperti di area Tugu Jogja, kaca-kaca bergetar dengan keras. Selain itu, tembok-tembok juga mengeluarkan bunyi derit yang cukup keras saat gempa terjadi. Warga pun berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat yang lebih aman.

Dampak dari gempa di Bantul juga dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, termasuk Solo, Purworejo, Kebumen, Magelang, Temanggung, Wonosobo, dan Semarang.

Menariknya, ini bukan kali pertama Jogja diguncang gempa bumi dengan kekuatan yang cukup signifikan dalam sebulan ini. Sebelumnya, pada Kamis (8/6/2023) dinihari, Jogja dan sekitarnya juga diguncang oleh gempa dengan magnitudo 6,0. Saat itu, warga juga berhamburan keluar rumah mencari keamanan.

Baca juga : Fakta Unik Kota Tanjungpinang: Kilometer Disebut dengan Batu, Daya Tarik Budaya Malaysia

BMKG memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Meski demikian, BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Gempa yang berpusat di laut selatan tersebut dirasakan hampir di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), termasuk beberapa wilayah di Jawa Tengah. Warga di Banguntapan, Bantul, banyak yang terbangun dan berhamburan keluar rumah saat gempa mengguncang.

Pihak berwenang dan petugas penanggulangan bencana sedang melakukan evaluasi lebih lanjut terkait potensi kerusakan akibat gempa ini. Warga diharapkan tetap tenang dan waspada, serta mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pihak berwenang guna memastikan keselamatan diri mereka saat menghadapi situasi darurat seperti ini.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews