Asyik, Taksi Online Bisa Jemput Penumpang Langsung di Bandara Hang Nadim Batam

Asyik, Taksi Online Bisa Jemput Penumpang Langsung di Bandara Hang Nadim Batam

Jika taksi online sudah bisa menjemput langsung di dalam Bandara Hang Nadim, maka pemandangan seperti ini tidak akan ditemui lagi (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Pihak pengelola Bandara Hang Nadim, Batam, telah menemukan solusi bagi permasalahan jemputan penumpang antara sopir taksi pangkalan dan taksi online. Dalam upaya mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan, pengelola bandara telah menggandeng aplikator transportasi online untuk masuk ke area bandara.

Pernyataan ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham, pada Kamis (29/6/2023). PT BIB mengundang Grab, Maxim, dan Gojek untuk membahas mengenai transportasi di Bandara Hang Nadim, termasuk standarisasi harga.

Baca juga: Aliansi Driver Online Batam Menghimbau Taksi Online Patuhi Titik Jemput Sementara di Bandara Hang Nadim

Pikri menyadari bahwa transportasi online telah menjadi kebutuhan masyarakat di era digitalisasi saat ini, dan sebagai pengelola bandara, mereka harus menyediakan fasilitas tersebut. Namun, ia juga menekankan pentingnya mencapai harmonisasi dengan taksi konvensional.

Sejauh ini, Grab merupakan aplikator yang telah merespon undangan PT BIB. Dalam pertemuan tersebut, telah dibahas mengenai kerjasama antara pihak bandara dan Grab.

"Saat ini Grab telah berkomitmen, hampir mencapai penandatanganan kerja sama. Maxim masih menunggu hasil dari kerja sama dengan Grab sebelum bersedia bergabung. Intinya, aplikator lain akan menyusul karena kerangkanya sudah ada," jelas Pikri pada Kamis (29/6/2023).

Baca juga: Kesepakatan Titik Jemput: Taksi Online Masih Dibatasi di Hang Nadim, Penumpang Harus Jalan 500 Meter

Pikri mengungkapkan bahwa wacana masuknya transportasi berbasis aplikasi di Bandara Hang Nadim telah dibahas sejak Januari 2023. Jika kerja sama antara pihak bandara dan aplikator transportasi online tercapai, maka taksi pangkalan Bandara Hang Nadim harus beradaptasi dengan perubahan tersebut.

"Jika taksi konvensional bersedia untuk berubah, mereka harus mengikuti tarif yang ditetapkan oleh aplikator. Tujuan utamanya adalah menciptakan harmoni dan kolaborasi, bukan lagi tentang persaingan. Hidup harmonis adalah pilihan yang lebih baik," tegasnya.

Rencananya, pertengahan bulan Juli ini, taksi online akan dapat beroperasi untuk menjemput penumpang di dalam area bandara. Diharapkan kerja sama ini dapat terealisasi sehingga para penumpang Bandara Hang Nadim tidak perlu lagi berjalan kaki sejauh 2 kilometer untuk mencari taksi online.

Baca juga: Taksi Bandara dan Taksi Online Batam Capai Kesepakatan Penjemputan Penumpang di Bandara Hang Nadim

Harapan ini semakin mendekat dengan adanya inisiatif pengelola bandara dan kerjasama dengan aplikator transportasi online. Para penumpang dapat menikmati fasilitas transportasi yang lebih nyaman dan efisien di Bandara Hang Nadim, Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews