Berburu Barang Impor Terjangkau di Pasar Seken Batam

Berburu Barang Impor Terjangkau di Pasar Seken Batam

Kota Batam juga dikenal dengan sorganya belanja barang branded dengan harga murah, barang itu dijual di pasar seken (ist)

Batam, Batamnews - Selain berwisata ke Batam, di Kepulauan Riau, banyak pengunjung yang datang untuk mencari barang-barang luar negeri dengan harga terjangkau. Terutama barang-barang dari Singapura yang dapat dibeli dengan harga murah.

Di Batam, terdapat sejumlah pasar khusus yang menjual barang bekas dari Singapura, yang dikenal juga sebagai pasar seken. Berikut adalah beberapa pasar seken di Batam:

Baca juga: 5 Pasar Seken di Batam Paling Populer yang Terancam Tutup

1. Pasar Aviari

Pasar Aviari terletak di daerah Batu Aji, Batam, sekitar 25 menit dari pusat Kota Batam. Pasar ini dianggap sebagai pusat pasar barang bekas legendaris di Batam.

Di Pasar Aviari, barang-barang dijual dalam lapak seperti rumah toko (ruko) dengan ukuran antara 3-5 meter. Untuk mendapatkan barang yang diinginkan, pengunjung harus bersedia menjelajahi toko-toko di kompleks Aviari. 

Pasar ini menawarkan banyak pilihan barang berkualitas, termasuk barang-barang bermerek. Terdapat juga counter khusus untuk barang-barang branded, jaket kulit asli, barang pecah belah, furniture, serta fashion pria dan wanita.

Pasar ini juga menyediakan barang-barang keperluan rumah tangga seperti mesin cuci, kipas angin, AC, dan kompor gas. Selain itu, sepatu, pakaian, dan mainan anak-anak juga dijual dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Tempat Berburu Kuliner Lezat di Singapura, Hawker Centers hingga Arab Street

2. Pasar Kaget Bengkong

Pasar Kaget Bengkong terletak di kawasan Bengkong. Seperti namanya, pasar ini baru buka pukul 17.00 WIB. Setelah maghrib, aktifitas jual beli di pasar ini semakin ramai. 

Para pedagang menjual berbagai barang seperti pakaian, tas, sepatu, mainan anak-anak, dan peralatan rumah tangga.

Meskipun sudah ada larangan mengimpor dan menjual pakaian bekas, masih banyak pakaian bekas impor yang dijual di pasar ini. Barang-barang tersebut masuk melalui jalur laut lewat pelabuhan tikus di berbagai wilayah di Kota Batam.

Para pedagang membeli barang impor tersebut dalam jumlah besar. Setiap pedagang rata-rata membeli barang dari importir dua kali dalam seminggu dengan harga Rp2 juta per karung. Di pasar ini, harga barang mulai dari Rp10.000 hingga Rp100.000-an.

Baca juga: Lokasi Berburu Kuliner Lezat di Johor Malaysia untuk Wisatawan Kepri

3. Pasar Pagi Jodoh

Pasar kaget di daerah Jodoh Batam yang dikenal sebagai Pasar Pagi Jodoh, buka setiap pagi mulai dari subuh hingga menjelang pukul 11 siang.

Barang-barang berkualitas baik dengan harga terjangkau yang dijual di pasar ini adalah barang bekas brand eks Singapura. Mulai dari pakaian baru tapi bekas dengan harga Rp12 ribu hingga barang elektronik eks Singapura. 

Namun, untuk mendapatkan barang berkualitas, seperti baju dan celana, pengunjung harus bersedia mencari di antara tumpukan ribuan pakaian di lapak sepanjang jalan depan Ramayana Dept Store Jodoh, Batam.

Tidak hanya pakaian, berbagai gadget dan elektronik terbaru juga dijual di sini, seperti iPad dan HP bekas keluaran terbaru, serta ban motor dan mobil. 

Tawar-menawar adalah hal yang umum dalam berbelanja di Pasar Pagi Jodoh, dan selain barang bekas, ada juga penjual obat kuat yang teriak-teriak menawarkan produk mereka.

Baca juga: Batam Masih Jadi Surga Baju Bekas Impor, Berikut 6 Tips Berburunya

4. Pasar Seken Tanjung Sengkuang Batam

Pasar seken atau barang bekas Tanjung Sengkuang terletak di daerah yang menuju ke jalan galangan pembuatan kapal Batuampar.

Di Tanjung Sengkuang, terdapat beberapa tempat pasar barang bekas dengan harga yang sangat terjangkau. Beberapa di antaranya berada di jalanan menuju Bukit Senyum, depan Kantor Kepala Desa Tanjung Sengkuang, dan sekitar daerah Pemancar Stasiun Televisi Batam.

Tempat ini menjual barang bekas dengan kualitas baik, mulai dari alat keperluan rumah tangga hingga peralatan sekolah. Terdapat jam tangan, kipas angin, AC, alat olahraga, serta kulkas dan televisi segala merek dan ukuran dengan harga yang terjangkau. 

Selain itu, terdapat juga barang bekas furniture yang dalam kondisi baik dan dapat diperbaiki dengan sedikit usaha, seperti meja kursi, lemari, meja belajar, rak piring, daun pintu, dan tempat tidur yang dijual dengan harga bersaing.

Dengan menjelajahi pasar-pasar seken ini, pengunjung dapat menemukan barang-barang impor dengan harga yang terjangkau. Pasar-pasar tersebut menjadi surga belanja bagi mereka yang mencari barang-barang luar negeri tanpa harus mengeluarkan banyak uang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews