Peringatan Cuaca Ekstrem: Hujan Lebat dan Angin Kencang di Perairan Batam

Peringatan Cuaca Ekstrem: Hujan Lebat dan Angin Kencang di Perairan Batam

Pusat Meteorologi Maritim BMKG meminta warga yang tinggal di perairan Batam untuk waspada dengan perubahaan cuaca, hujan lebat dan angin kencang (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem bagi wilayah Perairan Batam. Peringatan ini berlaku mulai Selasa (20/6/2023) pukul 07:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. 

Masyarakat di sekitar Batam diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, terutama pada pagi hingga siang hari.

Baca juga: Info Cuaca Kepulauan Riau, Selasa Siaga: Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah

Menurut Pusat Meteorologi Maritim BMKG, kondisi sinoptik di wilayah Perairan Batam ditandai dengan kelembapan udara lapisan atas yang cenderung kering. 

Hal ini mengakibatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar Kepulauan Riau menjadi kurang signifikan. Namun, perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah Kepulauan Riau masih memberikan peluang pertumbuhan awan hujan.

Prakiraan cuaca menunjukkan adanya hujan sedang yang dapat terjadi di Perairan Batam. 

Selain itu, angin diperkirakan berkecepatan antara 4 hingga 15 knots dengan arah yang bervariasi antara tenggara hingga selatan. Tinggi gelombang diperkirakan rendah, berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter.

Baca juga: Lowongan Pekerjaan Menarik di TransNusa: Digital Marketing Specialist Dibutuhkan!

BMKG menghimbau masyarakat yang berada di sekitar Perairan Batam untuk selalu memperhatikan perkembangan cuaca terkini melalui sumber informasi resmi. 

Tetap waspada terhadap potensi bahaya akibat hujan lebat, kilat/petir, dan angin kencang. Perhatikan juga kondisi gelombang untuk menjaga keselamatan pelayaran dan aktivitas di perairan sekitar Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews