Menko Airlangga Resmikan 6 Perusahaan di Kota Batam, Apresiasi Kerja Keras BP Batam

Menko Airlangga Resmikan 6 Perusahaan di Kota Batam, Apresiasi Kerja Keras BP Batam

Foto : BP Batam

Batam, Batamnews - Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Batam, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, telah meresmikan 6 perusahaan di kawasan industri Wiraraja pada hari Senin, 5 Juni 2023. 

Ia datang ke Kota Batam bersama dengan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso; Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi, Elen Setiadi; serta Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Wahyu Utomo.

Dalam acara peresmian ini, Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi, juga turut hadir. 

Muhammad Rudi datang bersama dengan Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto; Anggota Bidang Strategis, Enoh Suharto Pranoto; Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi, Sudirman Saad; Anggota Bidang Pengusahaan, Wan Darussalam; dan pejabat tingkat II di lingkungan BP Batam.

Dalam sambutannya, Airlangga memberikan penghargaan kepada Muhammad Rudi dan seluruh jajaran BP Batam yang telah bekerja keras dalam mengelola kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas. 

Baca juga: Kepala BP Batam Hadiri Perayaan HUT Kapitan Pattimura: Jaga Situasi Kondusif untuk Tingkatkan Investasi

Airlangga melihat bahwa energi dari Kepala BP Batam dan BP Batam sangat kuat. Ia juga mengamati bahwa pengembangan infrastruktur sedang berjalan dengan baik. Airlangga berharap industri dapat masuk ke wilayah kawasan Batam dan memberikan investasi yang besar.

Wiraraja Industrial Park sendiri telah berhasil menarik investasi sebesar USD800 juta atau sekitar Rp12 triliun, dengan menciptakan lapangan kerja untuk sekitar 13.000 orang.

Airlangga juga menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan hilirisasi pasir silica di area industri Wiraraja, yang membutuhkan energi yang besar, perlindungan lingkungan yang baik, serta pasar yang baik. 

Selain itu, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kawasan tersebut telah diberikan status sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Indonesia juga sedang dalam pembicaraan dengan pihak Singapura untuk penggunaan dan ekspor energi ini ke Singapura. Hal ini diharapkan dapat menjadi perubahan penting dalam sektor energi di Batam, terutama setelah memiliki Kawasan Ekonomi Khusus di Nongsa.

Baca juga: INFOGRAFIS: Kepala BP Batam Promosikan Investasi di Kota Batam

Peresmian perusahaan ini mendapat sambutan positif dari Muhammad Rudi. Pihaknya berupaya agar iklim investasi di Kota Batam tetap kondusif dan pulih pasca terkena dampak Pandemi Covid-19. 

Muhammad Rudi mengapresiasi dan mendukung penuh kehadiran perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Kota Batam. Ia berharap langkah ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Di sisi lain, Muhammad Rudi berpesan kepada semua pemangku kepentingan di Kota Batam agar dapat menjaga kondusivitas daerah ke depannya. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang terus mendorong pembangunan infrastruktur jalan saat ini. 

Tujuannya adalah agar investor terus berdatangan ke Kota Batam dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat. 

Muhammad Rudi menegaskan bahwa pihaknya menjamin dan mendukung kemudahan investasi, serta akan menjaga iklim investasi agar produksi terus berjalan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews