Mengenal Ida Dayak, `Wanita Sakti` yang Bisa Sembuhkan Stroke hingga Tulang Bengkok

Mengenal Ida Dayak, `Wanita Sakti` yang Bisa Sembuhkan Stroke hingga Tulang Bengkok

Ibu Ida Dayak. (Foto: Youtube/Perjalanan Ibu Ida Dayak)

Batam, Batamnews - Beredarnya pesan berantai yang mengumumkan kedatangan Ida Dayak, seorang wanita asal Kalimantan yang dikenal sebagai ahli pengobatan alternatif, ke Batam, namun tak sedikit ang mencurigai sebagai aksi penipuan.

Ida Dayak, merupakan ahli pengobatan alternatif. Ia memiliki reputasi dalam menyembuhkan patah tulang telah menjadi viral di seluruh Indonesia.

Ia juga telah membangkitkan harapan banyak orang untuk mendapatkan pengobatan. Lantas siapakah sebenarnya Ida Dayak?

Baca juga: Pesan Berantai Pengumuman Kedatangan Ida Dayak di Batam, Diduga Aksi Penipuan

Nama Ida Dayak menjadi sorotan warganet, khususnya pengguna media sosial TikTok. Hal ini lantaran Ida Dayak dipercaya dapat melakukan pengobatan alternatif dan mengobati beragam penyakit, dari patah tulang, stroke, hingga tuna wicara.

Ida Dayak semakin terkenal karena ia disebut-sebut tidak pernah meminta imbalan kepada pasiennya ketika melakukan pengobatan. Ida diketahui hanya menjual minyak bintang dengan harga Rp50 ribu saja.

Sementara praktik pengobatan yang dilakukannya ini tidak dipungut biaya apapun. Profil Ida Dayak Ida Dayak sebenarnya memiliki nama asli Ida Andriyani. Dirinya lahir dari Pasir Belengkong, Kabupaten Passer, Kalimantan Timur pada Juli 1972.

 

Nama Dayak tersermat di belakang nama panggilannya lantaran ia kerap mengenakan pakaian adat suku Dayak ketika melakukan pengobatan.

Bukan hanya pakaiannya, Ida bahkan juga mengenakan aksesoris kepala khas masyarakat Dayak. Ketika melakukan pengobatan Ida Dayak biasanya akan memulai dengan melafalkan kalimat tauhid Lailahaillallah dan basmalah.

Pelafalan kalimat tauhid dan basmalah ini dilakukannya untuk menunjukkan bahwa kesembuhan hanya berasal dari Allah SWT. Diketahui Ibu Ida Dayak kini telah berusia 51 tahun dan menganut agama Islam.

Karena viralnya jasa yang ditawaran, tidak heran jika banyak orang yang datang ketika Ibu Ida Dayak membuka praktik pengobatan, bahkan antrian pasiennya bisa sampai ribuan dalam sekali kedatangan.

Karena kemampuannya yang luar biasa dalam mengobati pasien, Ibu Ida Dayak kerap disebut sebagai wanita sakti. Selama proses penyembuhan Ida Dayak hanya menyentuh bagian tubuh pasien yang sakit.

Ia juga tidak membutuhkan banyak alat untuk membantu mengobati pasien-pasiennya.

 

Cara Ida Dayak mengobati pasien ketika ritual pengobatan, Ida Dayak kerap menggerakan anggota tubuhnya dengan melakukan pemijatan pada bagian tubuh yang merasa sakit atau bermasalah.

Ia lantas memberikan olesan minyak berwarna merah atau yang kerap disebut dengan minyak bintang. Hingga kini penyakit yang telah diobati Ida Dayak bukan ‘kaleng-kaleng’.

Ibu Ida Dayak bisa menyembuhkan penyakit biasa hingga penyakit yang terkadang tidak bisa disembuhkan oleh pihak medis. Misalnya, ia bisa meluruskan tulang yang menonjol dan bengkok tanpa peralatan medis.

Biasanya untuk tulang bengkok dan menonjol, Ida Dayak hanya akan melakukan pengurutan dan penarikan sederhana saja.

Bahkan, proses penyembuhan ini hanya berlangsung dalam hitungan menit. Dalam salah satu videonya, Ida bahkan hanya membutuhkan 7 menit untuk menyembuhkan penyakit.

Selama ini ide berkeliling dari pasar ke pasar untuk menawarkan pengobatan alternatifnya. Namun karena kini sudah terkenal, Ida sudah berkeliling ke berbagai wilayah mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews