Peringatan Cuaca: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Perairan Batam dan Sekitarnya

Peringatan Cuaca: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Perairan Batam dan Sekitarnya

Pusat Meteorologi Maritim BMKG memberi peringatan akan terjadi hujan lebat dan angin kencang di wilayah perairan Batam dan sekitarnya, Selasa (30/5/2023) (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Pusat Meteorologi Maritim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca untuk perairan Batam dan sekitarnya pada hari Selasa (30/5/2023). 

Peringatan khusus juga dikeluarkan terkait potensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Bintan pada siang hari.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Batam Hari Ini: Berawan, Hujan Ringan di Siang Hari

Prakiraan cuaca ini berlaku mulai pukul 07:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. Adanya perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Kepulauan Riau menjadi faktor pendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan.

Perkiraan cuaca untuk perairan Batam dan sekitarnya adalah hujan ringan. Kecepatan angin diperkirakan berkisar antara 2 hingga 15 Knots, bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya.

Baca juga: Daftar Empat Wilayah Tambang Pasir Laut di Kepri, Kabupaten Karimun Terbanyak

Gelombang di perairan tersebut diperkirakan dalam kondisi tenang, dengan tinggi gelombang berkisar antara 0.01 hingga 0.50 meter.

Masyarakat yang beraktivitas di perairan Batam dan sekitarnya diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Bintan pada siang hari. Pastikan keselamatan dan kelancaran aktivitas di laut dengan mengikuti perkembangan informasi cuaca terbaru dari BMKG dan otoritas maritim terkait.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews