Daftar Negara dengan Populasi Sepeda Motor Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan ke-3

Daftar Negara dengan Populasi Sepeda Motor Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan ke-3

Ilustrasi kemacetan di Batam. (Foto: Batamnews)

Batam - Sepeda motor menjadi moda transportasi pilihan bagi banyak orang. Selain terjangkau harganya, menggunakan sepeda motor menjadi hal yang praktis.

Indonesia sering dipandang sebagai negara dengan jumlah pengguna sepeda motor terbanyak. Namun, hal itu ternyata tidak, terutama di kawasan Asia Tenggara.

Berikut daftar negara dengan jumlah pengguna sepeda motor terbanyak di dunia:

1. Thailand
Menurut berbagai sumber, Thailand menududuki peringkat pertama dalam penggunaan sepeda motor di dunia. Negara Gajah Putih ini disebut nyaris 87 persen populasinya menggunakan sepeda motor. 

Bahkan, negara ini juga sampai dijuluki 'Negeri 100 skuter' karena memang setiap kelaurga selalu memiliki minimal satu sepeda motor. Dikabarkan juga, 18 juta rumah tangga diperkirakan mempunyai sekitar 15 juta roda dua.

2. Vietnam
Vietnam juga masih sangat mengandalkan sepeda motor terkhusus skuter dalam kegiatan sehari-hari mereka. Dilaporkan, Negeri Naga Biru ini memiliki sekitar 45 juta pengendara sepeda motor atau hanya kalah satu persen dari Thailand yakni 86 persen.

Sekitar 90 juga penduduk dikabarkan sangat mengandalkan roda dua terkhusus skuter di negara tetangga kita ini. Tak jarang, kemacetan sudah menjadi hal biasa atau santapan sehari-hari bagi warga Vietnam.

3. Indonesia
Negara kita menempati urutan ketiga dalam penggunaan sepeda motor di dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, Indonesia juga didapuk sangat mengandalkan roda dua dalam kegiatan sehari-hari. 

Dilaporkan, sekitar sekitar 80 juta penduduk Tanah Air selalu mengendarai sepeda motor setiap harinya.

Ya, hampir sama dengan Thailand dan Vietnam, kemacetan juga bukan hal biasa bagi kita terutama di kota-kota besar.

 

4. Malaysia
Malaysia merupakan negara Asia Tenggara keempat yang masuk ketegori penggunaan sepeda motor paling banyak di dunia. 
Disebutkan, sebanyak 13 juta orang selalu mengandalkan sepeda motor dari jumlah penduduk 32,37 juta jiwa.

Artinya, sekitar 5,8 juta keluarga di Negeri Jiran disebut sangat tergantung dengan sepeda motor setiap harinya.

5. China
Meski menjadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia saat ini, China ternyata juga masih sangat mengandalkan sepeda motor dalam kehidupan sehari-hari. 

Bahkan, disebutkan sebanyak 60 persen (68,9 juta) penduduk Negeri Tirai Bambu tersebut merupakan pengguna roda dua atau setidaknya memiliki satu sepeda motor.

Rakyat China dikabarkan kerap menggunakan motor dalam berbagai hal. Mulai dari pengantar atau kurir, kendaraan pekerjaan, hingga perjalanan pendek.

Selain kelima negara di atas, di posisi enam hingga 10 ditempati oleh India, Pakistan, Nigeria, Filipina, dan Brasil. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews