Sejumlah Korban Speed Boat SB. Evelyn Calisca 01 yang Tenggelam di Pulau Burung Dievakuasi ke Sungai Guntung

Sejumlah Korban Speed Boat SB. Evelyn Calisca 01 yang Tenggelam di Pulau Burung Dievakuasi ke Sungai Guntung

Puluhan penumpang kapal SB Eveliyn Calisca 01 mengalami musibah setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam di perairan Pulau Burung, Riau pada hari Kamis (27/4/2023). (Foto: Batamnews)

Pulau Buru, Riau - Puluhan penumpang kapal SB Evelyn Calisca 01 mengalami musibah setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam di perairan Pulau Burung, Riau pada hari Kamis (27/4/2023). Kapal ini dikabarkan berangkat dari Tembilahan menuju Tanjung Pinang dengan membawa 58 orang penumpang.

"Namun di Sungai Guntung, kapal menaikkan 5 orang penumpang lagi sehingga total penumpang menjadi 63 orang," ujar Bambang Wahyudi, warga Sungai Guntung, Riau, kepada Batamnews (27/4/2023).


Baca juga: 
Total Penumpang Speed Boat Evelyn Calista 01 Capai 78 Orang, 11 Orang Tewas dan 9 Orang Masih Dalam Pencarian

Kecelakaan Fatal di Perairan Pulau Burung: 5 Korban Meninggal Dunia dalam Tenggelamnya SB Evelin Calisca 01


Menjelang perbatasan Pulau Burung, kapal yang seharusnya hanya mengangkut maksimal 50 penumpang ini diduga menabrak kayu besar dan kelebihan muatan penumpang. Akibatnya, kapal terbalik dan diduga menewaskan 20 orang penumpang serta 40 orang lainnya masih terjebak di dalam kapal yang terbalik.

"Ada korban sekitar 20 orang, dan lainnya masih terjebak di dalam kapal," ujar seorang penumpang speed boad Rheni Fadhilah.

Baca juga: Daftar Nama-Nama Korban Selamat dari Tenggelamnya Speed Boat SB Evelyn Calisca 01 di Perairan Pulau Burung, Riau

Kapal SB Evelyn merupakan kapal speed boat paling kecil di antara kapal-kapal lainnya seperti Rheni Fadhilah, Indrajaya, Bintang Rezeki, atau Dustin. Setelah kecelakaan terjadi, kapal-kapal kayu yang melintas di perairan tersebut membantu proses evakuasi penumpang yang masih terjebak di dalam kapal.

Meski proses evakuasi penumpang masih berlangsung hingga saat ini, namun awak kapal Evelyn dan SB Rheny Fadillah bersama masyarakat setempat terus berusaha untuk mengevakuasi para korban dan memberikan pertolongan secepatnya. Beberapa penumpang berhasil diselamatkan, termasuk seorang bayi berusia sekitar satu bulan. Suasana di lokasi kecelakaan sangat mengharukan, dengan banyaknya penumpang yang menangis dan meminta pertolongan.

Baca juga: Kecelakaan Kapal Tragis di Pulau Burung, Riau: Kapal Penumpang SB Evelyn Tenggelam, Diduga 20 Meninggal, 40 Terjebak di Dalam Kapal

Kecelakaan ini menyisakan duka mendalam bagi keluarga korban dan masyarakat sekitar. Pihak berwenang diharapkan dapat melakukan investigasi dan menegakkan hukum untuk mencegah terjadinya kecelakaan serupa di masa yang akan datang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews