Memperoleh Pahala Berlipat Ganda dengan Puasa Sunnah Syawal

Memperoleh Pahala Berlipat Ganda dengan Puasa Sunnah Syawal

Dengan melakukan puasa sunah Syawal, kita akan memperoleh pahala berlipat ganda (ilustrasI)

Batam, Batamnews - Puasa sunnah Syawal adalah ibadah yang dianjurkan bagi umat muslim. Dilaksanakan selama enam hari pada bulan Syawal, lebih utama dilakukan dari tanggal 2 Syawal hingga 7 Syawal. Namun, puasa sunnah Syawal juga dapat dilakukan di luar tanggal tersebut dan tidak harus berurutan selama masih di bulan Syawal.

Baca juga: Jenis-Jenis Puasa Dalam Islam yang Dilarang, Termasuk Puasa di Hari Raya Idul Fitri

Bagi yang berniat puasa Senin-Kamis atau puasa ayyamul bidl (13,14,15 setiap bulan hijriah), tetap memperoleh keutamaan puasa Syawal. 

Dalam melakukan puasa sunnah Syawal, penting untuk mengetahui tata cara niat yang sesuai. Jika niatnya malam hari, niatnya adalah "Nawaitu shouma ghodin 'an adaai sunnati syawwali lillahi ta'ala" yang artinya "Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah Taala." 

Baca juga: Makanan Padang dan Seragam Senada, Tradisi Lebaran Alyssa Soebandono dan Dude Harlino

Jika niatnya pagi atau siang hari selama belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, niatnya adalah "Nawaitu shouma hadzaal yaumi 'an adaai sunnati syawwali lillahi ta'ala" yang artinya "Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah Taala."

Baca juga: 8 Resep Rendang Spesial dari Berbagai Bahan untuk Menu Lebaran Idul Fitri

Puasa sunnah Syawal memiliki keutamaan yang sangat besar, di antaranya memiliki pahala yang berlipat ganda setara dengan berpuasa selama setahun. Hal ini telah disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah,

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (قال الله عز وجل: كل عمل ابن آدم له إلا الصيام؛ فإنه لي وأنا أجزي به، والصيام جنّة، وإذا كان يوم صوم أحدكم فلا يرفث، ولا يصخب، فإن سابّه أحد أو قاتله فليقل: إني امرؤ صائم، والذي نفس محمد بيده لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك، للصائم فرحتان يفرحهما: إذا أفطر فرح، وإذا لقي ربه فرح بصومه) رواه  ÙˆÙ…سلم 

"Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu)." Kemudian, Rasulullah melanjutkan, "Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi . Salah satu keutamaan puasa enam hari di bulan Syawal adalah pahalanya yang setara dengan puasa selama satu tahun." (HR Muslim).

Baca juga: Awas, Konsumsi Makanan Ini Berlebihan saat Lebaran Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan

Oleh karena itu, mari kita jadikan ibadah puasa sunnah Syawal sebagai amalan yang rutin dilakukan untuk mendapatkan keutamaan dan keberkahan dari Allah Taala.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews