Cladtek Kembangkan Produk Pipa Unggulan Dukung Industri Tanah Air

Cladtek Kembangkan Produk Pipa Unggulan Dukung Industri Tanah Air

ilustrasi

Batam - Di tengah semangat Pemerintah memacu industrialisasi dalam negeri, PT Cladtek Bi-Metal Manufacturing bertekad terus menjadi solusi yang bermanfaat bagi perkembangan pipa dan pembuatan aksesoris pipa untuk minyak dan gas di Tanah Air.

Sebagai perusahaan multinasional yang sudah 20 tahun menggeluti dunia perpipaan dan komponen aksesorisnya, Cladtek terus mengembangkan produk-produk  pipa unggulan sehingga menjadi yang terbaik dan terbaru di bidangnya. 

Cladtek sendiri adalah produsen dan sekaligus pemasok Corrosion-Resistant Alloy (CRA) dengan tipe Mechanically Lined Pipe (MLP) dan Weld Overlay (WOL), yang diaplikasikan khusus untuk fasilitas industri minyak, gas bumi, dan energi.

Salah satu inovasi teknologi yang dikembangkan Cladtek saat ini adalah penambahan weld overlay di kedua ujung mechanically lined pipe (MLP). Ini merupakan terobosan baru pelapisan dalam pipa di dunia mechanically lined pipe oleh Cladtek yang telah diadopsi oleh industri CRA umum.

Hal itu menjadi daya saing Cladtek sejak beroperasi tahun 2003. Teknologi MLP menggunakan material seperti carbon steel untuk bagian pipa luar dan digabungkan dengan CRA Liner yang berbahan stainless steel atau nickel alloy. 

untuk menghasilkan pipa anti korosi yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Proses ini memastikan bahwa CRA liner terpasang dengan kuat ke pipa, mencegah pemisahan selama penggunaan dengan proses weld overlay pada ujung pipa agar CRA liner terpasang dengan kuat, dan memudahkan proses instalasi di lapangan.

Inilah salah satu aspek unik dari teknologi yang dikembangkan dan diproduksi oleh Cladtek di Indonesia. Sebuah terobosan yang dibangun oleh anak bangsa untuk dunia.  Menurut Iban Salda Safwan, Senior Vice President People & Culture  Cladtek Group,  dalam 10 tahun terakhir,  teknologi tersebut telah diekspor ke fasilitas Cladtek di Brasil dan Arab Saudi.

 “Teknologi MLP Cladtek telah terkenal sebagai produk yang andal dan berkualitas tinggi di pasar internasional,” ujar Iban bangga. Ia percaya, potensi teknologi MLP ini dapat  merevolusi pasar Indonesia dan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri Indonesia.

Menurut Alvin Pangemanan, Country Sales Manager PT Cladtek Bi-Metal Manufacturing, saat ini Cladtek adalah pemasok terbesar dan memiliki kapasitas manufaktur di dunia untuk weld overlay (Batam - Indonesia dan total). Cladtek  memegang pasar terbesar yaitu sekitar 17%, bersaing dengan banyak pemain kecil lainnya.  Kapasitas untuk manufaktur untuk jenis ini juga merupakan yang terbesar dikelasnya.

“Cladtek merupakan satu-satunya pemain mechanically lined pipe (MLP) di Indonesia dan bahkan menjadi 1 di antara 4 pemain di dunia. Kami memegang market share terbesar ke-2 di dunia yaitu sebesar 30% untuk jenis ini berdasarkan market research oleh Rystad per Juli 2022, “ ungkap Alvin.

Bahkan sesuai dengan anjuran & dukungan Pemerintah Indonesia, Cladtek  juga berkomitmen  untuk terus meningkatkan sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dari waktu ke waktu. Sekarang ini nilai TKDN yang dicapai oleh Cladtek sekitar 13% hingga sekitar 50% tergantung jenis produknya.  Salah satu produknya bahkan mencapai nilai TKDN paling tinggi, yakni sebesar 53%.

Bagi Cladtek,  perjuangan meningkatkan komponen dalam  negeri  belum  selesai. Pihaknya  akan terus mencari peluang-peluang yang memungkinkan, kendati kendala-kendala yang menghadang tidak mudah. Seperti  bahan dasar produk CRA yang menjadi produk unggulannya masih belum ada di Indonesia, sehingga membuat Cladtek terpaksa untuk melakukan impor.

“Teknologi MLP Cladtek adalah game changer untuk pasar CRA domestik dan ekspor Indonesia. Teknologi ini lebih unggul daripada pipa sejenis salah satunya Hot Roll Bonded (HRB) dalam banyak aspek dan telah membangun reputasi sebagai produk yang andal dan berkualitas tinggi di pasar internasional,” tegas Iban.

Komitmen Cladtek untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia serta memberikan dukungan dan keahlian teknis lokal yang membuat teknologi MLP menjadi pilihan yang menarik bagi banyak industri di Indonesia. 

Apalagi, teknologi CRA, baik MLP maupun weld overlay, semakin digemari industri minyak dan gas karena cost effective dibandingkan solusi lainnya dengan kualitas setara. Selain itu, proses produksi (termasuk instalasi) pun secara umum lebih cepat dan efisien, sehingga akan sangat membantu penyelesaian proyek-proyek dengan tepat waktu


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews