Inflasi di Provinsi Kepulauan Riau Terendah Jelang Hari Raya Idul Fitri

Inflasi di Provinsi Kepulauan Riau Terendah Jelang Hari Raya Idul Fitri

Batam, Batamnews - Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 H, inflasi di Provinsi Kepulauan Riau masih tercatat sebagai yang terendah di Pulau Sumatera. Pada bulan Maret 2023, Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Kepulauan Riau mencatat inflasi sebesar 4,77 persen year on year (yoy), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 5,79 persen (yoy). 

IHK gabungan dua kota, Tanjungpinang dan Batam, di Provinsi Kepulauan Riau juga mengalami deflasi sebesar 0,29 persen month to month (mtm) pada bulan Maret 2023, lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang inflasi sebesar 0,47 persen (mtm).

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, menyatakan bahwa rendahnya tingkat inflasi di Kepulauan Riau merupakan hasil kerja keras Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang terus memantau dan mengawasi harga bahan pangan. Instruksi Presiden Jokowi untuk mengendalikan inflasi di daerah juga ditindaklanjuti dengan serius di Kepulauan Riau.

TPID Provinsi Kepri telah melakukan beberapa upaya untuk mengendalikan inflasi di daerah, termasuk operasi pasar murah, penguatan ketahanan komoditas pangan strategis, peningkatan pemanfaatan alsintan & saprotan, penguatan KAD, fasilitasi distribusi pangan, penguatan infrastruktur TIK, digitalisasi dan data pangan, serta penguatan koordinasi dan komunikasi.

Jadwal pasar murah yang akan digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepri adalah 1-2 April di Bintan Center, 8-9 April di Senggarang, 16-17 April di Bintan Center, dan 18-19 April di Kampung Bugis. Sedangkan pasar murah yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri akan digelar pada tanggal 14-15 April di Ruko Ganet Center. 

Selain itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang juga akan menggelar pasar murah pada tanggal 4-6 April di halaman kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang. Dinas UMKM Koperasi dan Perindag Kabupaten Bintan juga akan menggelar pasar murah di tiga lokasi selama empat hari pada tanggal 10-13 April.

Gubernur Ansar menekankan kepada para pedagang untuk tidak melakukan penimbunan barang dan menaikkan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dia juga memastikan bahwa stok bahan pangan akan terjamin, sehingga masyarakat tidak perlu melakukan panic buying. Satgas akan terus memantau kondisi di lapangan dan memastikan kestabilan harga di pasaran.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews