Hal-hal Unik dan Culture Shock saat Kamu Tinggal di Batam

Hal-hal Unik dan Culture Shock saat Kamu Tinggal di Batam

Teh obeng adalah sebutan minuman es teh manis bagi orang Batam (Foto: Ist)

Berlibur ke Batam memang tidak hanya sekedar mencari barang murah, tetapi juga akan menemukan hal-hal unik yang mungkin akan membuat Anda mengalami culture shock. Berikut adalah beberapa hal unik yang mungkin akan Anda temukan saat berkunjung ke Batam:

  1. Es Teh Manis disebut Teh Obeng Saat memesan es teh manis di Batam, Anda akan mendengar sebutan "Teh Obeng". Hal ini merupakan adaptasi dari bahasa Melayu Malaysia dan Singapura yang mengatakan "tea o peng".

  2. Makanan khas lokal sulit ditemukan Karena banyak pendatang yang tinggal di Batam, makanan khas lokal tidaklah mudah ditemukan. Rata-rata makanan di Batam adalah adaptasi dari makanan lain, seperti sop ikan.

  3. Jalanan di Batam jarang macet Meskipun Batam merupakan kota yang sibuk dengan kegiatan perdagangan, namun jalanan di Batam jarang macet. Anda bisa bebas dari stres karena macet di jalan raya. Namun, ketika terjadi kecelakaan atau musibah, jalanan di Batam bisa macet seperti kota-kota lainnya.

  4. Bahasa yang digunakan oleh penduduk Batam Karena banyaknya pendatang di Batam, rata-rata penduduk di sana bisa berbahasa Kanton, Hokkien, Inggris, dan Mandarin. Selain bahasa Indonesia, Anda akan mudah menemukan bahasa-bahasa tersebut di Batam.

  5. Makanan seafood yang murah Batam terkenal dengan makanan seafood-nya yang murah. Anda bisa menemukan banyak tempat makan seafood dengan harga yang terjangkau.

  6. Penjual otak-otak yang banyak Penjual otak-otak di Batam sangat mudah ditemukan. Terutama di pusat Kota Batam, Anda akan menemukan banyak penjual otak-otak dengan harga yang murah.

  7. Suara klakson jarang terdengar Berbeda dengan kota-kota besar lainnya, di Batam, suara klakson jarang terdengar. Hal ini dikarenakan penduduk Batam yang cukup toleran dan tidak suka bising.

  8. Toleransi yang tinggi Warga Batam jarang melakukan demo atau kerusuhan, karena tingkat toleransinya yang cukup tinggi. Mereka lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting.

  9. Angkutan umum yang lebih besar dan bagus Angkutan umum di Batam lebih besar dan bagus dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Meskipun demikian, beberapa angkutan umum di Batam masih melakukan ugal-ugalan di jalan raya.

  10. Mal sebagai tempat rekreasi favorit Mal menjadi tempat rekreasi favorit warga Batam karena jumlahnya yang banyak. Selain itu, warga Batam juga biasanya pergi ke pantai, Singapura, atau Malaysia.

Dengan keunikan dan kelebihan yang dimilikinya, Batam bisa menjadi pilihan tempat tinggal yang menarik. Selain itu, hal-hal unik yang ditemukan di Batam akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Jadi jangan kaget ya!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews