Kebakaran di Kundur Kabupaten Karimun Berhasil Dipadamkan

Kebakaran di Kundur Kabupaten Karimun Berhasil Dipadamkan

Ilustrasi kebakaran hutan (Foto: Ist)

Batamnews, Karimun - Sebuah kebakaran terjadi di kawasan Parit Gantung, Desa Sei Besi Tanjungbatu Barat, Kecamatan Kundur, Karimun dan berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan pada Kamis (30/3/2023) malam. Kebakaran ini menghanguskan lahan kosong seluas dua hektar yang sudah menjadi hutan dan sebagiannya merupakan kebun karet.

Proses pemadaman api membutuhkan waktu hampir enam jam karena lahan gambut dan minimnya sumber air serta sarana mobil pemadam kebakaran di wilayah tersebut. Kapolsek Kundur AKP Buala Harefa mengatakan bahwa petugas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap kebakaran tersebut untuk mengetahui penyebab pasti meluasnya api tersebut.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan atau membakar di sekitar lahan/hutan karena wilayah Kabupaten Karimun sedang memasuki fase kemarau, sehingga kontak api sekecil apapun dapat mengakibatkan kebakaran yang besar.

Meskipun kebakaran tersebut berhasil dipadamkan, insiden ini memberikan peringatan penting tentang bahaya kebakaran hutan yang semakin meningkat akibat musim kemarau. Masyarakat diminta untuk memperhatikan dan menghindari aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan, serta memberi perhatian lebih pada upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran. Semua pihak juga diminta untuk mematuhi peraturan terkait pengelolaan dan pelestarian hutan dan lingkungan.

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews